Apa Itu Zero Click Search?
Zero click search adalah ketika user memasukkan query atau kata kunci pada search engine dan menemukan informasi yang dibutuhkan tanpa harus mengklik hasil pencarian tersebut. Jadi, user tidak mengunjungi website pihak ketiga dari hasil pencarian organik, tetapi masih berada di search engine Google.
Sebagai contoh ketika Google menampilkan informasi di hasil pencarian teratas, seperti “how old is earth”, maka user tidak perlu scrol down dan cek hasil hasil pencarian di website yang lain. Hal ini jawbaan yang dicari oleh user ditampilkan di SERP teratas Google.
Kenapa Zero Click Search Sangat Populer?
Google memiliki goal untuk memberikan hasil yang sangat relevan terhadap query dengan cara secepat mungkin. Karena itu, bukan suatu kebetulan bahwa Google menampilkan berbagai jenis featured snippets yang berbeda, seperti table, the ordered list,people also ask dan sebagainya.
Mengoptimasi feature snippet merupakan cara terbaik untuk mengoptimalkan zero click search. Poin utamanya dari featured snippet ini adalah memberikan informasi yang cepat, tanpa perlu user mengklik dan menjelajahi banyak website di SERP.
Apa Benefit Zero Click Search bagi SEO, User dan Google?
Google bertujuan memberikan hasil pencarian terbaik secepat mungkin kepada user, meningkatkan kepercayaan kepada Google, dan idealnya meningkatkan Google retention rate. Artinya adalah meningkatkan jumlah orang yang menggunakan Google sebagai masin pencarian utama.
Selain itu, user akan nyaman berlama-lama di mesin pencarian Google dan kemungkinan berpindah ke content yang lain lebih sedikit. Jika user meng-klik organik ke website pihak ketiga, di sisii lain, Google akan kehilangan user tersebut dan tidak bisa menargetkan mereka dengan iklan.
Sebaliknya, dengan zero click, user yang tetap berada di mesin pencari Google, sangat mungkin untuk mengklik iklan yang ada di Google atau Google Ad. Dengan begitu, Google menghasilkan uang.
Sedangkan, bagi digital marketer dan Search Engine Optimazation (SEO) memberikan dampak yang berarti bagi organic traffic. Nah, untuk itu Anda perlu menjalankan beberapa strategi.
Zero click juga memiliki peran yang penting bagi Google untuk menyempurnakan jutaan kata kunci yang dimasukkan oleh user di mesin pencari. Selain itu, membantu digital marketer untuk mecari kata kunci atau keyword berdasarkan data search volume yang ada di berbagai keyword search tool. Berikut ini data zero click yang ada pada Google search melalui desktop dan mobile sebagaimana dikutip dari Semrush.
Bagaimana Mendapatkan Value dari Zero Click Search?
Berikut strategi yang bisa Anda jalankan untuk memperoleh value dari zero click search:
-
Direct Answer
Direct answer box harus berisi konten berupa fakta, bukan opini, hanya berisi fakta. Fakta tersebut berasal dari sumber Google dan tidak menghubungkan ke eksternal website.
-
People Also Ask
People also ask atau “orang juga bertanya” merupakan fitur yang menampilkan kumpulan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh users (pengguna) sesuai dengan keyword atau kata kunci yang dicari di mesin pencari. Fitur ini menampilkan dengan memberikan jawaban-jawaban singkat yang berasal dari suatu website. Fitur ini berada di peringkat teratas SERP dan memiliki extra value added.
Dalam hal ini, ranking #1 tidaklah cukup dan user akan menemukan informasi yang mereka cari tanpa mengklik atau mengikuti satu dari dua hasil pencarian teratas. Karena itu, targetkan pertanyaan yang Anda lihat di box tersebut, berikan jawaban singkat di artikel Anda.
-
Featured Snippets
Featured snippet adalah satu di antara fitur Google Search yang menampilkan cuplikan atau potongan teks pada peringkat atas Google SERP (Search Engine Result Page) untuk menjawab pertanyaan dari user secara cepat.
Umumnya featured snippet berupa bullet list, number list, paragraf, tabel dan video (people also ask juga bisa dikategorikan dengan featured snippet sebagaimana disebutkan sebelumnya).
Agar muncul di posisi featured snippet, perhatikan jenis format yang digunakan di SERP tersebut, kemudian gunakan format yang sama di content Anda.
-
Branded Panels
Membuat branded atau personal panel bukan sepenuhnya ada di tangan Anda. Google menentukan yang mana brand/person yang akan ditampilkan. Namun, membuat halaman Wikipedia menjadi faktor yang sangat mungkin untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan panel tersebut. Dengan begitu, dapatkan poin plus untuk bisnis Anda.
-
Knowledge Panel
Knowledge panel memberikan informasi tambahan mengenai bisnis, orang, binatang dan sebagainya. Biasanya ditampilkan di sebelah kanan layar desktop. Hal ini bertujuan memberikan outline informasi umum mengenai query atau informasi yang dicari, sehingga user tidak perlu membuang waktu mencari data.
-
Local Panel & Maps
Local business mempunyai kesempatan yang besar untuk berada di local panel. Agar masuk ke panel tersebut, Anda perlu membuat akun Google My Business, kemudian verifikasi bisnis Anda. Nah, apa saja manfaat Google Business untuk usaha Anda.
Jika Anda mempunyai lokasi fisik, Anda bisa masuk ke dalam daftar Google Maps. Sebagaimana dikutip dari nearside.com, 76% orang yang melakukan pencarian lokal di smartphone mereka, mengunjungi tempat fisik kurang dari 24 jam. Selain itu, 24% pencarian tersebut melakukan pembelian. Karena itu, sangat penting di-setup jika Anda merupakan bisnis lokal. Ketahui strategi menaikkan ranking dengan Google Map.
Itulah ulasan mengenai Google Map. Ada banyak aspek yang harus diperhatikan dalam optimasi SEO agar mendapatkan hasil yang maksimal untuk website Anda. Jika Anda membutuhkan jasa SEO, niftyseo pilihan yang tepat.
Author: Uswatun Hasanah