Apa Itu User Journey?
User journey adalah perjalanan user untuk mencapai tujuan ketika mengunjungi website. Tidak hanya website, user journey ini juga berlaku untuk pengguna aplikasi.
Selain it, user journey digunakan di dalam mendesain website atau aplikasi untuk mengidentifikasi berbagai kemungkinan yang terjadi supaya user mencapai tujuan mereka secepat mungkin.
Di dalam user journey, juga ada yang disebut pemetaan user journey. User journey mapping atau pemetaan user journey merupakan representasi visual atau gambaran visual dari aktivitas yang dilakukan oleh user ketika menjelajahi produk atau layanan Anda. User journey berisi kumpulan paint point, emosi dan dorongan yang dirasakan oleh user.
Kemudian, User journey umumnya terdiri dari sejumlah halaman website dan strategi yang mengarahkan user dari satu langkah ke langkah yang lain.
Mengapa User Journey Itu Penting bagi Bisnis Anda?
Ada beberapa alasan mengapa user journey itu penting, antara lain:
-
Memahami User Behaviour
User journey sangat membantu desaigner dan departemen lainnya untuk melihat seberapa sulit atau mudah produk atau layanan bagi para pengguna. Selain itu, membantu mengetahui bagaimana cara pengguna berinteraksi dengan sistem dan apa yang ingin dicapai dari interaksi tesebut.
Dari user journey tersebut, juga bisa mengidentifikasi paint points dari customer dan communication gap. Dengan begitu, Anda mengetahui apakah ada proses pembelian produk atau layanan yang harus dihilangkan atau ditambahkan untuk meningkatkan penjualan atau sales.
-
Membangun Brand yang Disukai Pengguna
Dengan memahami apa yang dirasakan dan apa yang ingin dicapai oleh pengguna, hal tersebut membuka peluang besar untuk membangun brand yang disukai oleh pengguna. Pengguna akan menganggap produk atau layanan yang diberikan sesuai dengan yang kebutuhan mereka.
-
Meningkatkan Engagement
Selain itu, dengan mengetahui apa yang dirasakan dan dibutuhkan oleh user, dan Anda memberikan jawabannya. Alhasil, dapat meningkatkan engagement terhadap produk atau layanan Anda.
-
Memudahkan Management Mengambil Keputusan
Sebagai pemimpin, tentu ingin mengambil keputusan berdasarkan data. Dengan data user journey atau customer journey memberikan kemudahan bagi management mengambil keputusan yang tepat untuk meningkatkan penjualan.
-
Meningkatkan Repeat Order
Semakin detail user journey, maka semakin mendekati apa yang user inginkan dari produk atau layanan Anda. Dengan begitu, peluang terjadinya repeat order sangat besar.
Cara Membuat User Journey
Berikut ini cara membuat user journey:
-
Memahami Siapa yang Menggunakan Website atau Aplikasi Anda
Untuk membuat user journey yang tepat, langkah pertama adalah mengidentifikasi para pengguna melalui experiment yang disebut user profiling. Setiap user akan mempunyai tugas atau tujuan yang mereka ingin capai dengan mengunjungi website atau aplikasi tersebut, apakah membeli produk atau mencari informasi yang dibutuhkan. Para pengguna mempunyai kebutuhan yang harus mereka penuhi dan langkah-langkah yang mereka ambil memenuhi kebutuhan tersebut disebut sebagai user journey.
-
Memetakan User Journey yang Paling Mudah
Dengan memetakan user journey yang paling mudah, diharapkan apa yang ingin dicapai oleh user bisa dipenuhi melalui produk atau layanan Anda.
Setiap user goal dapat dipetakan menggunakan data website saat ini untuk mengindentifikasi kekurangan yang ada yang disebut dengan user journey mapping atau customer journey mapping.
Setelah memahami user journey, website designer dapat membuat user journey yang sesuai – semudah dan sesederhana mungkin agar mencapai apa keinginan user. Hal ini merupakan dasar membuat website baru.
-
Yakin Website Anda Menjawab Kebutuhan Pengguna
Pemetaan user journey memberikan gambaran yang jelas seberapa mudah atau sulitnya bagi user untuk mencapai tujuan mereka. Pemetaan ini akan mempercepat rencana website baru karena karena meng-highlight masalah saat ini.
Jika pemetaan ini diikuti dengan user journey yang ideal, tim project mendapatkan gambaran mengenai bagaimana seharusnya website yang menghasilkan, apa content yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Selain itu, apa aspek website yang harus dipenuhi untuk mendukung user journey.
-
Mulai dengan User Journey Terbaik, lalu Bandingkan
Idel journey terkadang sulit untuk diimplementasikan dengan tujuan bisnis dan keterbatasan desain/ technical yang berdampak kemampuan untuk menghasilkan journey yang cepat. Oleh karena itu, penting untuk membuat ideal journey yang melibatkan tim dari berbagai bidang untuk memastikan semua tujuan tercapai.
Menyeimbangkan user goals dan business goal sangat penting ditahap ini untuk memastikan terpenuhi, tanpa mengabaikan satu sama lain.
Itulah ulasan mengenai user journey.
Author: Uswatun Hasanah