Jl. Cikini IV No.10, Cikini,Menteng, Jakarta Pusat, 10330
08111366694
UncategorizedSeptember 27, 2022by admin0

Sitelink Adalah: Definisi, Cara Membuat dan Fungsinya

Pernah mendengar istilah sitelink? Nah, website yang mendapatkan Google sitelink, menandakan website tersebut teroptimasi SEO dengan baik. Dengan mendapatkan sitelink dari Google ini juga memberikan dampak yang positif terhadap traffic website Anda. Apa sebenarnya sitelink dan bagaimana cara membuatnya? Berikut ini ulasannya.

 

Apa Itu Sitelink?

Sitelink adalah fitur SERP yang menampilkan link halaman-halaman (pages) terpopuler dari sebuah website yang dirangkum oleh Google dan otomatis muncul di SERP (Search Engine Result Pages). Tidak semua website mempunyai Google sitelink. Hal ini karena hanya keyword atau kata kunci yang menduduki ranking #1 Google yang berpeluang memperoleh sitelink Google. Selain itu, Google memberikan sitelink kepada website atau blog yang bermanfaat untuk para user. Berikut contoh sitelink.

google sitelink - niftyseo.id

Kemudian, jumlah sitelink yang muncul di SERP tidak teratur, terdiri atas 2 kolom berisi 4-6 sitelink, ada juga yang 1 kolom berisi 4 sitelink seperti contoh di atas. Jumlah ini ditentukan oleh algoritma Google, bukan pemilik website atau blog. Sitelink ini bertujuan untuk membantu user masuk ke berbagai halaman populer dari sebuah website. 

 

Kenapa Sitelink Itu Penting?

Website yang mendapatkan Google sitelink, tentunya memiliki kelebihan. Berikut ini alasan kenapa sitelink itu penting untuk website Anda:

 

1. Menambah Kepercayaan dan Kredibilitas

Website yang muncul di posisi teratas Google SERP. tentunya bisa menambah kepercayaan pengunjung website. Hal ini karena tidak semua website mendapatkan Google sitelink. Hanya website dengan keyword paling relevan dan populer serta teroptimasi dengan baik yang memperoleh sitelink. 

 

2. Meningkatkan CTR (Click Though Rate)

User cenderung meng-klik link yang berada di posisi teratas Google, terutama di posisi 3 teratas sebagaimana dilansir dari Advanced Web Ranking. Karena itu, jumlah klik (CTR) bisa meningkat jika website Anda mendapatkan Google sitelink. Hal ini akrena posisi 3 teratas. 

Apa itu CTR? CTR adalah rasio antara pengguna (user) yang mengklik hasil pencarian organik di search engine dibagi dengan total pencarian (impression). Klik ini didapat dari hasil pencarian organik, sementara itu impression merupakan jumlah munculnya halaman website (web pages) di search engine.

 

3. Menandakan Halaman Terpopuler dari Sebuah Website

Website yang mempunya Google sitelink menandakan halaman tersebut merupakan halaman terpopuler dari sebuah website. Oleh sebab itu, user bisa langsung menuju ke halaman atau pages yang sesuai dengan kebutuhannya.

 

4. Meningkatkan Awareness 

Website yang berada di posisi teratas SERP atau ranking #1 Google, lebih dikenal oleh user dibandingkan dengan website yang tidak berada di posisi tersebut. Hal ini seperti disebutkan sebelumnya, user cendering meng-klik website di 3 posisi teratas SERP. Oleh karena itu, user akan lebih aware terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan. 

 

5. Meningkatkan Web Traffic

Adanya sitelink ini memperbesar peluang user untuk menjelajahi website Anda melalui halaman terpopuler. Dengan begitu, memperbesar kemungkinan website Anda dikunjungi oleh user. Alhasil, traffic dari website Anda bisa meningkat.

 

Bagaimana Cara Membuat Sitelink?

Walaupun algoritma Google yang menentukan memberikan Google sitelink, Anda bisa menciptakan peluang tersebut. Ini dia cara membuat sitelink.

 

1. Pilih Nama Website yang Unik

Website dengan nama brand yang unik yang akan mendapatkan Google sitelink. Saat Anda mencari nama brand Anda di Google, normalnya website tersebut muncul di pencarian teratas. Sebagai contoh nama brand greenpermit yang mendapatkan Google sitelink.

 

2. Buat Site Structure yang Mudah dan Sederhana

Site structure bisa menajdi faktor terpenting untuk mendapatkan sitelinks. Karena itu, Anda harus menampilkan kepada Google, website yang sederhana dan mudah untuk dijelajahi oleh pengunjung website (visitor). 

Hal ini karena cara kerja mesin pencari, selama proses crawling dan indexing, algoritma Google akan menelusuri homepage, selanjutnya ke link-link yang ada di menu website. Agar mudah ditelusuri, maka sebaiknya menggunakan site structure.

Sebagian besar, Google akan membuat sitelink dari item yang ada pade menu website Anda sehingga Anda harus memastikan halaman penting dari website Anda, ada di menu utama website.

Cara Membuat Sitelink - niftyseo.id

 

3. Optimasi SEO Website

Website yang menempati posisi teratas adalah website yang mengoptimasi website-nya dengan baik. Karena itu, agar website Anda mendapatkan sitelink, pastikan website teroptimasi SEO. Ketahui panduan lengkap SEO, mulai dari SEO on page, off page, local dan technical SEO.

 

4. Buat Internal Link dari Website 

Di samping menambahkan halaman di menu utama, yang menjadi target untuk mendapatkan sitelink, Anda juga harus menambahkan text link (anchor text) yang mengarah ke halaman tersebut dari homepage. Sebagai contoh, bila Anda mengunjungi website kami, Anda akan melihat ada link-link yang mengarah ke semua halaman layanan kami.

Link tersebut tidak boleh dimasukkan di dalam image, tetapi harus dalam bentuk teks. Jika tidak, maka Google tidak akan mengerti halaman website Anda. Pastikan Anda menggunakan anchor text yang benar untuk link-link tersebut.

Internal link ini bagus untuk SEO karena bisa meningkatkan user experience (UX) website Anda. Kenali apa itu user experience.

 

5. Tambahkan Table of Contents 

Untuk postingan artikel yang panjang, sebaiknya menambahkan table of contents. Hal ini sitelink bisa saja muncul dari blog post, tidak hanya homepage atau brand-related terms. Letakkan table of contents di bagian paling atas blog post dengan mengarah ke section di halaman yang sama.

 

6. Perbaiki Judul Halaman Website 

Judul halaman yang dipilih harus relevan dengan keyword yang Anda targetkan di Google SERP. Algoritma Google memilih judul halaman untuk membuat sitelink. Karena itu, pastikan halaman-halaman website yang terpenting relevan dengan isi halaman tersebut.

Judul halaman yang tidak sesuai dengan isi halaman, akan membuat visitor website Anda bingung. Keadaan ini tentu membuat visitor pergi dan mencari website lain. Alhasil, performa website Anda menjadi buruk di mata Google. Jika sudah begitu, sangat kecil kemungkinan mendapatkan Google sitelink.

Selain judul halaman yang sesuai dengan kaidah SEO, halaman website juga harus mempunyai meta description.

Itulah penjelasan mengenai sitelink. Meskipun untuk mendapatkan Google sitelink adalah keputusan dari Google, Anda bisa memperbesar kemungkinan mendapatkan sitelink dengan melakukan strategi seperti yang disebutkan di atas. Oleh karena itu, pastikan website Anda sudah teroptimasi SEO dengan baik dan benar.

 

Author: Uswatun Hasanah

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *