Jl. Cikini IV No.10, Cikini,Menteng, Jakarta Pusat, 10330
08111366694
UncategorizedSeptember 16, 2022by admin0

SERP Adalah: Fungsi, Tujuan dan Strategi Optimasi

SERP ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan ketika Anda mengoptimasi sebuah website atau situs. Pasalnya dengan mengoptimasi SERP, maka memberikan peluang yang besar agar website Anda mendapatkan ranking teratas. Berikut ulasannya.

 

Apa Itu SERP? 

Search Engine Result Pages atau SERP adalah hasil pencarian dari keyword atau kata kunci yang ada di search engine, seperti Google, Yahoo, Bing dan sebagainya. SERP juga diartikan sebagai halaman (page) yang ditampilkan Google dan search engine lainnya yang mana menunjukkan hasil dari apa yang dicari oleh user (pengguna).

 

Fungsi SERP

Apa fungsi SERP? Fungsi SERP adalah untuk mengetahui sejauh mana kualitas website atau blog Anda. Semakin berkualitas website Anda, maka semakin tinggi website atau blog tersebut muncul di SERP. Jadi, SERP ini menjadi tolak ukur kualitas suatu website atau blog.

 

Tujuan SERP

Tujuan SERP adalah menampilkan search result sesuai dengan kata kunci (keyword) yang dimasukkan  di mesin pencari. SERP akan memberikan referensi website terbaik berdasarkan keyword yang dicari oleh user (pengguna).

 

Apa Hubungan SERP dan SEO?

Antara SERP dan SEO mempunyai kaitan yang sangat erat. Hal ini karena tujuan dari optimasi SEO adalah agar website atau situs Anda muncul di SERP, terutama di posisi teratas di search engine organik. Ini berarti cara gratis agar website berada di SERP. 

Dengan website Anda muncul di SERP, berarti meningkatkan traffic ke website Anda. Yang pada akhirnya bisa meningkatkan penjualan. Namun, hanya di pencarian teratas saja yang memberikan nilai positif atau keuntungan bagi website. Anda. 

Sebagaimana data menunjukkan sebanyak 75,1% klik di SERP (hasil pencarian) berasal dari tiga konten teratas. 

Selain itu, website yang berada di posisi halaman #1 hasil pencarian organik Google mempunyai rata-rata CTR 27,6%. Kemudian, hasil organik di posisi halaman #1 mempunyai peluang 10x lebih banyak menerima klik, dibandingkan dengan website yang berada di posisi #10.

Oleh karena itu, SEO dan SERP ini sangat penting agar website Anda berada di halaman #1 SERP.

 

SERP (Search Engine Ranking Pages) Checklist - niftyseo.id

 

Strategi agar Website Muncul di SERP

Berikut ini strategi yang bisa Anda lakukan agar website muncul di SERP:

 

1. Optimasi SEO

Search Engine Optimazation atau SEO adalah cara untuk mengoptimalkan website agar masuk pada peringkat teratas di SERP, khususnya organic search. Jadi, yang mempengaruhi SERP organik (hasil pencarian organik) adalah SEO.

Berikut ini contoh hasil pencarian organik. Dengan mengetikkan keyword ‘nib adalah’, muncul website dengan kata kunci yang diketikkan.

optimasi seo - niftyseo.id

Cara ini berfokus untuk meningkatkan performa website melalui pencarian organik alias tidak berbayar untuk mendapatkan traffic pada website dan menjaring lebih banyak calon pelanggan potensial. 

Agar website atau blog Anda mendapatkan SERP yang bagus, Anda bisa mengoptimasinya dengan optimasi SEO, yang terdiri dari SEO on page, SEO off page, technical SEO dan local SEO. Ketahui lebih detail tentang apa itu SEO

 

2. Iklan Berbayar

Selanjutnya, tampilan SERP yang kedua adalah dengan melalui memasang ads (iklan) berbayar melalui Google. Teknik ini disebut juga dengan SEM (Search Engine Marketing) yang menjadi strategi marker dengan mengiklankan website agar muncul di SERP teratas di mesin pencarian, seperti Google.

Cara ini memfokuskan pada paid search atau PPC (Pay Per Click) agar mendapatkan SERP berupa traffic sampai konversi secara instan. 

Berikut ini contoh hasil berbayar (paid search). Ketika Anda mengetikkan keyword “jasa renovasi rumah” di search engine, maka akan muncul hasil pencarian berbayar di posisi teratas Google.

iklan berbayar - SEM - niftyseo.id

SEM ini disebut juga bentuk dari internat marketing yang berkaitan dengan promosi website dengan meningkatkan visibility dan SERP(Search Engine Result Page). 

Namun, konten hasil paid results ini tidak bertahan lama di SERP Google. Sedangkan, konten dari organic results bertahan lama. Hal ini karena jika Anda menonaktifkan iklan tersebut, maka otomatis tidak muncul di pencarian teratas Google. 

 

3. Memaksimalkan Fitur SERP

Kemudian, agar website atau blog Anda muncul di SERP teratas, Anda bisa memaksimalkan fitur SERP. Berikut ini fitur SERP:

a. Featured Snippets

Featured snippets adalah sebuah fitur yang menampilkan cuplikan atau penggalan konten salah satu website dengan informasi yang paling lengkap dan relevan dengan kata kunci (keyword) tertentu. Seringnya, featured snippets ini berada di bagian teratas SERP sehingga sering disebut dengan ranking #0 Google.

Berikut contoh website yang muncul di featured snippets.

featured snippets - niftyseo.id

Umumnya, featured snippets paling banyak muncul dengan format list (daftar), paragraf dan tabel. Namun, terkadang dalam format video pun bisa muncul.

Agar website Anda memperoleh featured snippets, maka website tersebut harus berada di posisi lima besar pada SERP Google dan mempunyai konten yang SEO friendly.

 

b. Rich Snippets

Apa itu rich snippets? Rich snippets adalah fitur berupa rating (rate) bergambar bintang. Dengan fitur ini membuat user lebih tertarik untuk mengklik website tersebut. Selain terdapat rating, juga terdapat review dari website tersebut. 

 

c. Knowledge Cards

Gambar di bawah ini merupakan contoh knowledge cards. Saat mengetikkan mengetikkan keyword ‘berapa usia bumi’, muncul jawaban singkat sehingga Anda tidak perlu masuk ke suatu website. Website yang menampilkan informasi dalam bentuk knowledge cards, harus dianggap sebagai sumber terpercaya oleh Google.

knowledge cards - niftyseo.id

Apa itu knowledge cards? Knowledge cards adalah fitur yang menampilkan jawaban singkat dari keyword  yang dicari oleh user di mesin pencari, seperti Google. Fitur ini muncul dalam beberapa format, terdiri dari format yang Anda tidak perlu masuk ke sebuah website dan format yang mengharuskan untuk masuk ke suatu website.

 

d. Top Stories

Apa itu top stories? Top stories atau berita utama memberikan tiga atau lebih berita utama berupa artikel terbaru dan terbaik sesuai dengan keyword yang dicari di mesin pencari. Berita utama atau top stories ditampilkan berupa artikel, nama website dan gambar serta waktu release artikel. Hal ini tentu menyumbangkan traffic yang begitu besar terhadap website-website yang muncul di top stories. Berikut ini contoh top stories.

top stories - niftyseo.id

 

e. Image Packs

Image packs menampilkan kumpulan gambar dalam bentuk thumbnails yang berasal dari berbagai website sesuai dengan keyword yang dimasukkan di mesin pencari Google. Manusia lebih tertarik dengan visual sehingga fitur ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan SERP. 

image packs - niftyseo.id

Seluruh image yang muncul di fitur image packs ini dikelola oleh Google Images. Jika image tersebut Anda klik, maka akan mengarah ke website yang terdapat image tersebut.

 

f. People Also Ask

People also ask atau “orang juga bertanya” merupakan fitur yang menampilkan kumpulan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh users (pengguna) sesuai dengan keyword atau kata kunci yang dicari di mesin pencari. Fitur ini menampilkan dengan memberikan jawaban-jawaban singkat yang berasal dari suatu website.

Berikut ini contoh people also ask atau “orang juga bertanya”.

people also ask - orang juga bertanya - niftyseo.id

 

g. Sitelink

Apa itu sitelink? Sitelink adalah fitur SERP yang menampilkan pages (halaman-halaman) paling populer dari website tersebut. Sitelink berguna untuk meningkatkan tingkat klik CTR, product/service awareness, dan meningkatkan traffic serta menjadikan website Anda lebih terpercaya di mata users.

sitelink - niftyseo.id

 

Itulah ulasan mengenai SERP (Search Engine Result Pages).

 

Author: Uswatun Hasanah

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *