SEO vs SEM, apa perbedaannya? Di kalangan digital marketer, sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO dan SEM. Namun, apa sebenarnya perbedaan antara SEO dan SEM? Berikut ini ulasannya.
Apa Itu SEO?
Search Engine Optimazation atau SEO adalah strategi untuk mengoptimalkan website agar masuk diperingkat teratas search engine, khususnya organic search. Kemudian, SEO disebut juga sebagai SEO digital marketing karnea SEO teknik dalam digital marketing.
Manfaat SEO
Dengan menerapkan SEO untuk website, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat yang tentunya memberikan poin positif untuk meningkatkan performa website Anda. Berikut ini manfaat SEO:
-
Website Mudah Ditemukan di SERP
Website yang dioptimasi dengan white hat SEO, mudah ditemukan di mesin pencari atau SERP (Search Engine Result Page). Apa itu SERP? SERP adalah hasil pencarian dari kata kunci yang ada di mesin pencarian atau search engine, seperti Google, Yahoo, Bing dan sebagainya. Dengan begitu, website Anda berpeluang untuk muncul diperangkat teratas Google.
Sebagai contoh, Anda membuka usaha “jasa pendirian PT”, dengan menerapkan strategi SEO yang benar, maka siapa pun yang mencari jasa tersebut, berpeluang menemukan jasa yang Anda tawarkan tersebut. Pada akhirnya, memperoleh customer secara organik melalui optimasi SEO.
-
Menambah Organic Traffic
Kemudian, SEO bisa menambah organic traffic yang mana Anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk mendapatkan traffic. Dengan traffic meningkat, maka brand Anda semakin dikenal oleh masyarakat.
Nah, agar organic traffic meningkat, perlu juga didukung oleh content yang bermanfaat untuk target audience Anda.
Selain itu, buatlah konten yang menarik agar visitor mau berlama-lama di website Anda dengan menyusun konten yang rapi dan enak dibaca, jangan sampai visitor mengalami kesulitan memahami isi konten yang dibuat.
-
Memperbesar Peluang Konversi
Website yang dioptimasi SEO dengan benar, maka berkesempatan untuk mendapatkan traffic yang tinggi, bahkan muncul di page one Google. Dengan begitu, peluang terjadinya transaksi semakin besar,
-
Investasi Jangka Panjang
Memetik hasil dari optimasi SEO tidak bisa instan. Stretegi SEO merupakan investasi jangka panjang yang mana membutuhkan proses dan membutuhkan waktu. Namun, Anda akan memetik hasilnya di kemudian hari dari strategi SEO yang telah dijalankan dengan baik.
Terlebih bila website berada di posisi teratas Google atau page #1 SERP. Nah, SERP ini menjadi tolak ukur kualitas suatu website.
-
Berkompetisi dengan Bisnis Besar
Manfaat SEO lainnya adalah mendapatkan traffic yang tinggi menjadi target dari kesuksesan sebuah website. Website dengan traffic yang tinggi, bahkan muncul di page one Google mempunyai peluang untuk bisa berkompetisi dengan bisnis besar.
Meskipun Anda baru membuka bisnis, tetapi traffic website Anda tinggi, kredibilitas dan kepercayaan target audience meningkat. Dengan begitu, persaingan bisnis terbuka dan kompetitif. Kenali 10 manfaat SEO untuk bisnis.
Apa Itu SEM?
Search Engine Marketing atau SEM adalah bentuk pemasaran bisnis di internet atau digital marketing melalui aktivitas promosi atau iklan berbayar (paid advertisements). Hal ini bertujuan muncul di halaman teratas mesin pencarian atau search engine (SERP).
Pengiklan akan menargetkan kata kunci yang user cari untuk produk atau layanan tertentu. Kemudian, iklan tersebut muncul setelah user mengetikkan queries atau kata kunci tertentu di mesin pencari.
SEM ini mengacu kepada paid search atau PPC (pay-per-click) yang mana biasanya menggunakan sarana Google Ads. Jadi, sebagian aktivitasnya menjalankan campaign atau iklan dan PPC.
Search Engine Marketing ini mempunyai beberapa macam istilah yang umum digunakan, antara lain:
- Paid search ads (Iklan pencarian berbayar)
- Paid search advertising (Iklan pencarian berbayar)
- PPC /pay-per-click (bayar per klik)
- PPC / pay-per-call (bayar per panggilan)
- CPC / cost-per-click (BPK /bayar per klik)
- CPM /cost-per-thousand impressions (biaya per seribu tayangan)
Perbedaan SEO dan SEM
SEO vs SEM mempunyai beberapa perbedaan, yaitu:
-
Jangka Waktu
Bila Anda mengoptimasi website dengan SEO, akan memberikan pengaruh yang cukup lama untuk website Anda. Sedangkan, SEM pengaruhnya sesuai dengan durasi iklan yang dijalankan.
-
Hasil Optimasi
Untuk menikmati hasilnya, Search Engine Optimazation membutuhkan kurun waktu tertentu agar bisa muncul di hasil pencarian (SERP) sehingga tidak bisa instan. Namun, bila sudah berjalan optimasi SEO-nya, maka hal tersebut menjadi aset bagi website Anda.
Di sisi lain, Search Engine Marketing bisa dinikmati hasilnya lebih cepat yang mana website bisa langsung muncul di SERP, tetapi sesuai dengan budget dan waktu yang Anda tentukan.
SEO organik pada akhirnya lebih murah untuk meningkatkan kredibilitas website di SERP yang tidak bisa dibuat dengan campaign, seperti PPC.
-
Potensi CTR (Click-Through-Rate)
Halaman website yang dioptimasi SEO mempunyai potensi lebih besar untuk diklik dibandingkan dengan SEM walaupun sama-sama muncul di page one.
Keuntungan mempunyai organic CTR yang tinggi, antara lain semakin tinggi CTR, maka semakin banyak pengunjung (traffic) website Anda. Selain itu, dengan banyaknya traffic yang datang ke website Anda, maka memberikan peluang lebih besar untuk mendapatkan leads dan meningkatkan konversi penjualan.
-
Anggaran
SEO tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengoptimasi website Anda. Sedangkan, SEM merupakan iklan berbayar (paid ads) sehingga membutuhkan nominal budget yang harus dikeluarkan berdasarkan jangka waktu tertentu.
-
Tampilan
Hasil pencarian SEO bisa dilihat oleh semua user. Hal itu karena berdasarkan kata kunci yang diketikkan di mesin pencarian.
Sementara itu, hasil pencarian dari SEM tidak bisa dilihat oleh semua user. Hanya user yang menjadi targetting yang bisa melihatnya.
Itulah ulasan mengenai SEO vs SEM. Ada banyak poin positif yang akan dapatkan dengan optimasi SEO website Anda, yang tentunya sangat berguna untuk perkembangan bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan jasa SEO, niftyseo pilihan yang tepat.
Author: Uswatun Hasanah