Rich snippet dan featured snippet ini menjadi strategi yang bisa Anda jalankan agar halaman website Anda muncul di pencarian teratas search engine. Keduanya bisa Anda temukan pada search engine Google. Namun, belum banyak yang menyadarinya. Apa sebenarnya perbedaan rich snippet dan featured snippet? Berikut ini ulasannya.
Apa Itu Featured Snippet?
Featured snippet adalah salah satu fitur SERP (Search Engine Result Page) yang menampilkan cuplikan atau penggalan konten salah satu website.
Google tidak memberikan featued snippet pada semua kata kunci. Hanya website yang berisi informasi yang paling lengkap dan paling relevan dengan kata kunci tertentu yang mendapatkannya.
Halaman website yang mendapatkan featured snippets ini berada di posisi teratas SERP sehingga sering disebut dengan ranking #0 Google. Ketahui apa itu zero click search.
Mengapa Featured Snippet Itu Penting untuk SEO?
Dengan website Anda muncul di SERP teratas Google, maka memperbesar website Anda dikunjungi oleh user. Konten paling atas, pastinya user klik. Oleh sebab itu, featured snippet membuat website Anda mendapatkan traffic lebih banyak. Ketahui apa itu SERP.
Seperti disebutkan sebelumnya, halaman website yang mendapatkan featured snippets ini berada di posisi teratas SERP sehingga sering disebut dengan ranking #0 Google. Karena konten yang berada di posisi tersebut berhasil mengalahkan peringkat satu seach result Google.
Tipe Featured Snippet
Berikut ini beberapa tipe featured snippet yang muncul di SERP (Search Engine Result Page):
1. Paragraf
Contoh di atas merupakan featured snippet berupa paragraf yang berisi pengertian dari kata kunci (keyword) yang dicari oleh user (pengguna). Dengan begitu, user bisa dengan mudah dan cepat mengetahui penjelasan.
2. Daftar Urutan (The Ordered List)
Gambar di atas merupakan featured snippet berupa daftar urutan sesuai dengan urutan jumlahnya.
Saat user mencari top 10 richest people in the world, muncul hasil pencarian secara berurutan siapa orang terkaya di dunia, mulai dari aset terbanyak yang dimiliki oleh orang tersebut.
3. Tabel
Selanjutnya, ada featured snippet berupa tabel. Dengan tabel tersebut, user mendapatkan data yang lengkap tentang ukuran dan dimensi.
4. Daftar Tak Berurutan (The Unordered List)
Kemudian, ada tipe featured snippet yang menampilkan daftar tak berurutan. Hal itu karena daftar tersebut tidak ada pembeda artinya mempunyai nilai yang sama.
Selain featured snippet, Google juga menampilkan SERP (Search Engine Result Page) berupa Rich Snippet.
Apa Itu Rich Snippet?
Rich Snippet adalah fitur SERP berupa rating (rate) bergambar bintang. Selain rating, juga terdapat review dari website.
Dengan menggunakan fitur ini menjadikan user lebih tertarik untuk klik halaman website tersebut. Sejalan dengan apa yang dilansir dari ahrefs, rich snippet ini dianggap lebih menarik secara visual.
Berikut contoh rich snippet.
Rich snippet ini juga merupakan structured data markup yang dapat pemilik website tambahkan ke dalam kode HTML yang ada.
Selain itu, rich snippet ini digunakan untuk memberikan informasi yang lebih lengkap dan mudah bagi user atau pengguna supaya mereka cepat menemukan apa yang mereka cari.
Mengapa Rich Snippet Itu Penting untuk SEO?
Konten yang menggunakan Rich snippet, mempunyai peluang lebih besar untuk diklik, alhasil nilai CTR (Click Through Rate) lebih tinggi. Ketahui apa itu CTR.
Selain itu, dengan menggunakan rich snippet, tentunya meningkatkan kualitas SERP (Search Engine Result Page).
Dengan website Anda muncul di SERP, berarti meningkatkan traffic ke website Anda. Yang pada akhirnya bisa meningkatkan penjualan.
Itulah perbedaan antara rich snippet dan featured snippet.
Author: Uswatun Hasanah