Apa Itu Rich Snippet?
Rich snippet adalah fitur SERP (Search Engine Result Pages) bergambar bintang (rating). Selain rating juga ada rich snippet dalam bentuk review, tanggal, author, file video, video dan sebagainya.
Kemudian, rich snippet ini digunakan untuk memberikan informasi yang lebih lengkap dan mudah bagi user atau pengguna supaya mereka cepat menemukan apa yang mereka cari.
Rich snippet ini juga merupakan tampilan hasil pencarian yang di-markup. Berikut contoh rich snippet.
Dengan menggunakan rich snippet membuat tampilan halaman website atau blog Anda terlihat berbeda, sehingga user lebih tertarik untuk meng-klik halaman tersebut. Sejalan dengan apa yang dilansir dari ahrefs, rich snippet ini dianggap lebih menarik secara visual.
Jenis Content yang Bisa Menggunakan Rich Snippet
Berikut ini jenis content yang bisa memanfaatkan rich snippet:
1. Review
Tipe content yang bisa Anda tampilkan di rich snippet adalah review.
2. Produk
Informasi yang muncul di rich snippet tentang suatu produk yang mencakup nama, foto, brand, deskripsi dan review dari produk tersebut.
3. Data Orang Ternama
Orang ternama yang mempunyai informasi yang mumpuni di dunia maya atau internat dapat ditampilkan di rich snippet. Profil yang ditampilkan berupa nama, jabatan, perusahaan tempat bekerja atau organisasi yang berhubungan dengan orang tersebut serta informasi kontak.
4. Data Bisnis dan Organisasi
Selanjutnya, info yang bisa Anda tampilkan di rich snippet adalah nama bisnis atau organisasi, situs atau website, alamat fisik, lokasi dan nomor telepon.
5. Resep
Untuk content berupa resep, banyak yang menggunakan rich snippet. Informasi yang ditampilkan, antara lain review, informasi kandungan gizi, waktu memasak dan sebagainya.
Apa Pentingnya Menggunakan Rich Snippet?
Rich snippet ini memberikan dampak yang positif untuk performa SEO website atau blog Anda, antara lain:
- Meningkatkan organic traffic dalam bentuk quick answer atau informasi singkat.
- Meningkatkan CTR (Click Through Rate) website.
- SERP (Search Engine Result Page) semakin tinggi.
- Lebih disukai search engine. Hal ini karena Google sangat menyukai website atau blog yang kaya akan informasi.
Artinya adalah dengan menggunakan rich snippet menarik user untuk meng-klik halaman website atau blog tersebut. Bahkan, bisa memberikan peluang transaksi dari organic traffic.
Cara Membuat Rich Snippet
Berbeda dengan feature snippet yang mana muncul otomatis dari algoritme Google. Rich Snippet bisa muncul dengan melakukan beberapa langkah untuk install rich snippet secara manual. Berikut langkah-langkah tersebut.
1. Pilih HTML Markup Format
Ada tiga format yang bisa Anda gunakan untuk melakukan markup HTML, antara lain:
- Microdata
- Microformat
- RDFa
Perlu diketahui, Google menyarankan untuk menggunakan microdata untuk menampilkan rich snippet.
2. Tentukan Jenis Content untuk Di-Markup
Selanjutnya, memilih jenis rich snippet yang sesuai dengan kebutuhan website atau blog Anda. Seperti disebutkan sebelumya, Anda bisa memilih jenis rich snippet, antara lain: review, produk, data orang ternama, data bisnis dan organisasi, dan resep. Selain itu, ada juga peristiwa, video dan musik.
Contohnya di Google, setting-an ini bisa Anda temukan di “Business & Organisations” agar Google dapat menampilkan informasi yang sesuai dengan jenis content-nya.
3. Data Markup Relevan dengan Content
Pastikan data yang Anda berikan selengkap dan serelevan mungkin dengan content-nya. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan website sesuai dengan isi content-nya. Selain itu, agar meningkatkan visibilitas website Anda.
4. Tampilkan Structured Data Markup
Pastikan menampilkan kode markup website agar halaman website atau blog memperoleh rich snippet.
Yang perlu ditempilkan antara lain nama brand atau organisasi, logo, dan URL diisi dengan baik.
5. Tes Structured Data Markup
Agar rich snippet Anda tampil dengan baik. Maka, sebaiknya melakukan tes structured data markup terlebih dahulu. Pastikan structured data markup ditulis dengan benar.
Untuk mengetahui apakah susunan structured data markup sudah sesuai atau belum, Anda bisa melakukannya melalui tool, yaitu Structured Data Testing Tool yang disediakan oleh Google atau menggunakan JSON LD Scheme Markup Generator dan cmlabs.
Anda hanya memasukkan salah satu URL halaman website atau blog Anda pada kotak URL yang disediakan. Kemudian, tunggu beberapa saat untuk melihat hasilnya.
6. Cek Hasil Rich Snippet
Tidak ada waktu yang pasti kapan rich snippet halaman website atau blog Anda muncul di SERP Google. Hal ini tergantung pada seberapa sering Anda melakukan publikasi content dan seberapa sering Google menjalankan crawling pada halaman-halaman website Anda. Namun, biasanya membutuhkan waktu lebih dari seminggu agar rich snippet muncul di SERP Google.
Itulah ulasan mengenai rich snippet.
Author: Uswatun Hasanah