Apa Itu Page View?
Page view adalah jumlah total halaman (page) yang sedang dilihat di suatu website atau blog. Selain itu, pageviews ini merupakan metrik yang dihitung dari jumlah total halaman atau page yang dilihat oleh visitor.
Nah, apa itu visitor? Visitor merupakan jumah keseluruhan pengunjung dari sebuah website atau blog dalam kurun waktu tertentu. Dengan kata lain, semua orang yang telah mengakses halaman website atau blog Anda disebut visitor. Visitor ini tidak hanya berasal dari aktivitas manusia yang mengakses halaman, tetapi juga aktivitas software robot otomatis. Namun, visitor dari bot ini jumlahnya sangat kecil.
Bagaimana Cara Menghitung Page View?
Untuk menghitung page view, contohnya adalah visitor harian website atau blog Anda adalah 2000 visitor. Bila rata-rata setiap visitor membuka 3 halaman, artinya jumlah page view harian website atau blog Anda dalah 6000 pageviews.
Selanjutnya, bila visitor me-refresh halaman yang sedang dibuka, maka hal tersebut akan dihitung sebagai pageviews tambahan. Contohnya, Anda membuka halaman website atau blog, lalu me-refresh 3 kali, maka akan dihitung 3 pageviews. Dengan kata lain, pageviews dihitung berdasarkan jumlah total halaman yang dilihat. Karena itu, sering jumlah unique pageviews lebih sedikit dari pageviews.
Apa Itu Unique Page View?
Unique pageviews adalah jumlah sesi ketika halaman website atau blog Anda dilihat sebanyak satu kali atau lebih.
Unique pageviews ini dihitung berdasarkan sesi, artinya jika user yang sama membuka satu halaman sebanyak lima kali dalam satu sesi, maka dihitung sebagai satu unique pageviews.
Bounce Rate, Kaitan antara Visitor dan Pageview
Bounce rate adalah presentase pengunjung (visitor) yang langsung meninggalkan website setelah membuka satu halaman. Bisa juga diartikan angka presentase kunjungan ke single page yang tidak diikuti oleh tindakan apa pun atau pengunjung langsung keluar setelah mengunjungi satu halaman saja, pengunjung tersebut tidak menekan tombol apa pun, seperti tombol menu, CTA, mengisi form atau internal link yang ada di halaman tersebut.
Untuk mengetahui bounce rate adalah dengan membagi antara jumlah visitor dan jumlah pageview, maka menghasilkan presentase bounce rate. Namun, rumus ini bukannya rumus baku untuk menghitung bounce rate. Anda bisa menggunakan Google Analytics untuk mengetahui jumlahnya.
Bounce rate yang tinggi berarti pengunujung mengunjungi hanya satu halaman di website Anda, kemudian langsung keluar. Sedangkan bounce rate yang rendah artinya pengujunjung menghabiskan waktu di satu halaman dan mengklik link yang ada di halaman tersebut. Ketahui cara menurunkan bounce rate.
Cara Meningkatkan Pageviews
Berikut ini cara meningkatkan pageviews:
- Pilih niche yang tepat. Saat Anda membangun website, tentukan terlebih dahulu apa niche yang tepat sesuai dengan bisnis dan target audience Anda.
- Pilih kata kunci yang tepat. Selain menentukan niche, Anda juga harus memilih keyword yang tepat. Keyword apa yang ingin Anda bidik untuk meningkatkan pageviews.
- Produce artikel secara konsisten. Untuk mendapatkan traffic yang stabil sebaiknya update content secara berkala.
- Gunakan template desain yang mobile friendly. Cara ini penting dilakukan agar user yang mengunjungi website atau blog Anda nyaman sehingga mereka bisa berlama-lama menjelajahi website atau blog Anda.
- Tingkatkan kecepatan loading website. Faktor kecepatan loading website, sangat berpengaruh pada kenyamanan user. Apa jadinya bila saat user mengujungi website atau blog Anda memakan waktu yang lama untuk membuka satu halaman, mereka akan menutup website atau blog Anda dan mencarinya yang lain. Bila ini terjadi, bisa meningkatkan bouce rate, yang tentunya performa SEO-nya menjadi buruk. Ketahui cara mempercepat loading website.
- Gunakan internal dan eksternal link. Link internal memiliki manfaat untuk meningkatkan jumlah halaman website yang dilihat dan dibaca oleh pengunjung. Sedangkan, link eksternal bisa Anda gunakan sebagai salah satu strategi untuk mempromosikan konten.
Itulah ulasan mengenai pageviews.
Author: Uswatun Hasanah