Jl. Cikini IV No.10, Cikini,Menteng, Jakarta Pusat, 10330
08111366694
UncategorizedDecember 19, 2022by admin0

Outbound Link Adalah: Pengaruhnya terhadap SEO

Apa Itu Outbound Link?

Outbound link adalah link yang mengarahkan audience ke website atau domain lain. Outbound link disebut juga external link

Dengan membuat outbond link membantu search engine, seperti Google untuk memahami niche dari website Anda. Hal ini merupakan teknik yang dipakai untuk menambahkan context pada content website. Selain itu, sebagai informasi tambahan bagi audience.

Namun, perlu diperhatikan memilih website yang menjadi tujuan outbound link. Pilih website yang mempunyai authority yang cukup tinggi sebagai tujuan outbound link. Hal ini dilakukan agar user yakin bahwa content yang dibuat berasal dari sumber yang credible (terpercaya).

 

Pengaruh Outbound Link terhadap SEO Website

Apakah outbound link mempengaruhi ranking pencarian organik website masih menjadi topik yang diperdebatakan oleh pakar SEO.

Yang tidak dipungkiri adalah fakta bahwa mengarahkan link ke sumber yang credible bisa membantu memberikan context ke konten dan membantu meningkatkan kepercayaan user terhadap halaman website Anda.

Perlu diperhatikan bahwa unnatural utbound link bisa merugikan performa website Anda. Namun, beberapa pakar SEO yakin bahwa outbound link memberikan pengaruh yang cukup signifikan bagi performa website Anda. Hal ini sebagaimana diklaim oleh penelitian dari Reboot online bahwa external link memberikan pengaruh pada faktor ranking dan strategi SEO yang baik, “We have rerun this experiment in April 2020 using fresh domains and can confirm the same results. External links remain a ranking factor and good SEO best practise.”

Outbound Link Adalah - fungsi outbound link - niftyseo.id

 

Fungsi Outbound Link

Ada beberapa fungsi outbound link sebagaimana dikutip dari SEMRush, antara lain: 

  • Memperjelas Konteks Content

Adanya Outbound link yang relevan menggambarkan sejauh mana pembahasan topik. Selain itu, memperjelas konteks content yang dibuat dalam membantu user memperoleh informasi yang dibutuhkan. Hal ini penting ketika membuat content yang kompleks yang membutuhkan penjelasan lebih detail untuk mengerti apa yang sedang dibahas.

Outbound link penting untuk menghasilkan content yang berkualitas dan menambahkan informasi secara mendalam. Cara ini memberikan sinyal bagi algoritma Google untuk memahami content website lebih baik. 

 

  • Membangun Kepercayaan Pembaca

Ketika Anda mengutip sebuah sumber, seperti penelitian, sematkan sumber informasi yang disebutkan atau berikan outbound link. Cara ini membangun kepercayaan kepada audience dengan menyematkan sumber dan menyampaikannya kepada audience.

Dengan outbound link, memberikan kepastian kepada audience bahwa informasi yang diambil berasal dari sumber yang credible.

Outbound link menjadi sumber referensi bagi audience untuk melakukan cross-check terhadap fakta, statistik dan kutipan di website Anda.

 

  • Meningkatkan Value Content

John Mueller dari Google mengatakan link ke website lain adalah cara terbaik untuk memberikan value kepada user. Selain itu, link membantu user untuk menemukan lebih dalam terhadap topik yang dibahas, untuk mengecek sumber dan memahami bagaimana content Anda relevan dengan pertanyaan mereka.

“Linking to other websites is a great way to provide value to your users. Often, links help users to find out more, to check out your sources, and to better understand how your content is relevant to the questions that they have. — John Mueller, Google

 

  • Menggambarkan Expertise (Keahlian)

Sebagaimana dikutip dari Google Search Central, bahwa menyematkan outhoritive outbound link ke dalam content menandakan expertise sebagai seorang penulis. 

Seseorang yang tidak expert di bidangnya tidak mungkin mengetahui sumber yang tepat untuk dikutip. Hal yang sama terhadap seseorang yang expert, bisa mendapatkan sumber yang tepat untuk dijadikan referensi terhadap content yang dibuat.

 

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Outbound Link 

Apabila Anda ingin menerapkan outbound link, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Jangan menggunakan backlink dua arah saat menggunakan outbound link yang terhubung ke website apa pun. Make sure tidak berasal dari jaringan blog Anda.
  • Jangan menyematkan outbound link terlalu banyak dalam satu halaman website. Begitu juga penerapan internal link dalam satu artikel.
  • Link yang disematkan berasal dari sumber yang terpercaya atau credible.
  • Pastikan tidak ada broken link atau link tidak bisa dibuka saat diklik. Apabila terjadi, ganti broken link tersebut dengan link yang tepat.

Itulah ulasan mengenai outbound link. Ada banyak yang harus diperhatikan dalam optimasi SEO agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jika Anda membutuhkan jasa SEO, niftyseo pilihan yang tepat.

 

Author: Uswatun Hasanah

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *