Jl. Cikini IV No.10, Cikini,Menteng, Jakarta Pusat, 10330
08111366694
UncategorizedSeptember 16, 2022by admin0

Local SEO Adalah: Pengertian dan Strategi Optimasi

Apa Itu Local SEO?

Local SEO adalah strategi optimasi website bisnis supaya visibilitas meningkat dalam search (pencarian) di lokasi terdekat dengan memakai search engine lokal. Local SEO juga merupakan teknik digital marketing ini ada terdapat di balik daftar tempat restoran, rekreasi, rumah sakit, dan tempat lainnya yang terdekat dengan lokasi Anda. 

Poin yang harus dimiliki dalam pancarian lokal, antara lain: kedekatan, relevansi dan keunggulan. Contohnya adalah ketika user mencari restoran terdekat melalui search engine, maka akan muncul sederet restoran yang dekat dengan lokasi Anda.

 

Mengapa Local SEO Penting?

Local SEO ini sangat bermanfaat untuk memaksimalkan website Anda di area lokal. Berikut ini beberapa keuntungan dengan mengoptimasi Local SEO:

  1. Menurut Google, 76% orang yang melakukan pencarian lokal pada smartphone mereka, mengunjungi tempat tersebut tersebut dalam waktu 24 jam dan 28% dari hasil pencarian menghasilkan melakukan pembelian.
  2. Sebanyak 86% user, mengandalkan Google Map untuk menemukan lokasi bisnis.
  3. Lebih dari setengah pengguna internet di dunia menggunakan mobile device untuk pencarian lokal mereka.

Selain itu, sebanyak 72% konsumen mengatakan search (pencarian) merupakan pilihan pertama mereka untuk menemukan informasi local merchant.

 

Strategi Optimasi Local SEO

Ini dia strategi yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimasi website atau bisnis Anda dengan Local SEO, antara lain:

 

1. Maksimalkan Google Business Profile (Sebelumnya Google My Business)

Apa itu Google My Business? Google My Business adalah tool yang disediakan oleh oleh Google berisi informasi bisnis Anda, mulai dari nama bisnis, alamat atau lokasi usaha/bisnis, alamat email, nomor telepon, waktu operasional, foto perusahaan, alamat website, sampai review (ulasan) pelanggan. Tool ini mengelola tampilan bisnis di search engine Google dan Google Maps.

Dengan memanfaatkan tool ini, Google My Business, memudahkan target audience Anda untuk menemukan usaha atau bisnis Anda.

Berikut ini bisnis yang menggunakan Google My Business. Jika kita masukkan keyword ‘Samofis’ di search engine, maka akan muncul di sebelah kanan, lokasi Samofis, yang mana bisnis yang bergerak di bidang Coworking Space dan Virtual Office. 

google my business

 

Google My Business ini mengoptimalkan praktik Local SEO sehingga bisnis Anda dapat ditemukan oleh search engine Google dan Google Maps.

Kemudian, ada juga Google Snack Pack. Apa itu Google Snack Pack? Google Snack Pack adalah kotak kecil dari hasi pencarian saat user melakukan pencarian local (local search). Berikut ini contoh Google Snack Pack dengan menggunakan keyword ‘soto betawi’.

google snack pack - niftyseo.id

Dari gambar di atas, menunjukkan hasil pencarian lokasi terdekat dari keyword ‘soto betawi’. Ini artinya Google memberikan list bisnis yang paling relevan dengan keyword ‘soto betawi’ melalui rekomendasi soto betawi terdekat sesuai dengan lokasi tempat dimana user berada. Dengan begitu user dengan mudah menemukan bisnis Anda. 

Agar mudah bisnis Anda muncul di search engine, lengkapi profil bisnis Anda, antara lain: lokasi, nomor telepon, kategori, atribut (apa saja yang Anda tawarkan oleh bisnis Anda), foto dan jam operasional.

Sebelumnya, Anda mendaftar dan memverfikasi bisnis Anda di Google My Business (Google Bisnisku). Kemudian, isi mengisi profil Google My Business.

 

Cara Mendaftarkan Google My Business

Berikut ini langkah-langkah untuk mendaftarkan Google My Business:

  • Buka Google My Business (Google Bisnisku).
  • Daftarkan bisnis Anda di sana. Anda bisa menggunakan Gmail untuk mendaftar ke Google My Business.
  • Lengkapi profil bisnis Anda. Agar mudah bisnis Anda muncul di search engine, lengkapi profil bisnis Anda, antara lain: lokasi, nomor telepon, kategori, atribut (apa saja yang Anda tawarkan oleh bisnis Anda), logo, foto, jam operasional dan sebagainya.
  • Lakukan verifikasi agar Google My Business Anda aktif.

Pada akhirnya, profil Google My Business Anda akan muncul saat user mencari di Google search engine.

 

2. Riset Keyword

Agar bisnis Anda ditemukan oleh search engine, Anda harus memilih keyword yang tepat. Dalam strategi mengembankan bisnis di era digital seperti ini, bisnis Anda harus exist di dunia maya, satu di antaranya di Google search engine. Selain itu, jangan sampai Anda memilih keyword yang salah karen akan berakit fatal pada bisnis Anda. 

 

3. Buatlah Konten Lokal

Selanjutnya, membuat konten lokal. Apa itu konten lokal? Konten lokal merupakan konten yang membahas seputar kota di mana saat ini bisnis Anda beroperasi. 

Contohnya adalah jika Anda mempunyai bisnis restoran di Jakarta, maka membuat konten seputar kota Jakarta, seperti tempat wisata di Jakarta dan sebagainya.

Hal ini dilakukan untuk menarik audience lokal tempat di mana bisnis Anda beroperasi.

 

4. Buatlah Scheme Markup

Strategi selanjutnya mengoptimasi local SEO adalah dengan membuat Scheme Markup. Anda bisa menambahkan structured data dengan scheme markup pada website Anda. 

Ini dia cara membuat structured data dengan memakai scheme markup generator:

  • Silakan memilih jenis scheme. Jika Anda membuat untuk kebutuhan local SEO, maka pilih local business.
  • Mengisi data terkait bisnis Anda.
  • Klik Generate.
  • Copy script json tersebut, letakkan pada bagian header website Anda.

 

Local SEO Checklist - niftyseo.id

 

5. Ajak User untuk Review Bisnis Anda

Review yang diberikan oleh pengguna (user) memberikan pengaruh bagi bisnis Anda. Karena itu, jika Anda mengetahui customer Anda puas dengan pelayanan atau produk Anda, sebaiknya ajak mereka untuk memberikan ulasan (review) di Google. Nanti review tersebut akan muncul sehingga memberikan magnet agar membeli produk atau memakai layanan Anda.

Sebagaimana dikutip dalam online review stats, menyebutkan bahwa “93% of customers read online reviews before buying a product”. Ini artinya review dari pelanggan sangat mempengaruhi pelanggan lain untuk membeli produk atau menggunakan layanan Anda.

 

6. Tanggapi Review (Ulasan) Pelanggan

Setelah pelanggan atau pengguna memberikan ulasannya mengenai bisnis Anda. Kemudian, berikan tanggapan dari ulasan tersebut. Selain itu, variasi dan jumlah Review atau ulasan ini satu di antara indikator yang dipertimbangkan dalam local SEO.

 

7. Local Backlink

Cara optimasi local SEO lainnya adalah local backlink. Apa itu local backlink? Local backlink adalah menautkan link yang sebagian besar berasal dari website lokal. Hal ini dilakukan agar Google mudah untuk mendeteksi website Anda berasal dari komunitas lokal serta dianggap relevan dalam local search. Ini penting untuk dilakukan untuk membantu menaikkan local ranking Anda. 

Itulah ulasan mengenai Local SEO.

 

Author: Uswatun Hasanah

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *