Apa Itu Inbound Link?
Inbound link adalah link atau tautan yang mengarah ke website Anda dari situs atau website lain. Kemudian, inbound link disebut juga dengan backlink yang mana umum digunakan dalam sebuah website, yaitu link yang langsung ke website Anda dengan anchor text.
Inbound link merupakan satu diantara indikator utama SEO. Backlink ini menjadi poin penting Google untuk menilai halaman website mana yang layak dan tidak layak mendapatkan ranking teratas di Search Engine Result Pages (SERP).
Semakin banyak inbound link yang didapat, maka kredibilitas website semakin tinggi di SERP. Saat konten Anda menjadi referensi bagi website lain, artinya konten Anda begitu bermanfaat. Namun, perhatikan juga kualitas backlink yang Anda dapatkan karena hal ini akan berpengaruh pada kredibilitas website Anda.
Apa itu SERP? SERP merupakan hasil pencarian dari kata kunci yang ada di search engine, seperti Google, Yahoo dan sebagainya.
Fungsi Inbound Link
Berikut ini beberapa fungsi inbound link yang sangat berguna untuk meningkatan performa website Anda:
-
Meningkatkan SEO dan Traffic
Hadirnya Inbound link memberikan manfaat tidak hanya memperbaiki SEO website Anda, tetapi juga meningkatkan traffic website.
Seperti disebutkan sebelumnya bahwa inobund link menjadi indikator utama SEO. Jadi, bila website Anda mempunyai inbound link yang berkualitas, maka semakin baik kualitas website Anda. Dengan begitu, website Anda semakin berpeluang muncul di pencarian teratas SERP. Alhasil, traffic website bisa meningkat.
Sebagaimana data menunjukkan sebanyak 75,1% klik di SERP (hasil pencarian) berasal dari tiga konten teratas.
Kemudian, traffic website juga bisa berasal dari link website Anda yang ditanam di website lain, lalu user mengklik link tersebut. Dengan begitu, Anda mendapatkan traffic dari website tersebut. Pelajari 10 manfaat SEO untuk bisnis.
-
Meningkatkan Brand Awereness
Membangun brand awareness untuk produk atau layanan dari bisnis Anda tidaklah mudah. Anda bisa menjalankan strategi inbound link.
Bila banyak situs atau website yang menjadikan website Anda sebagai bahan referensi, maka kredibilitas website meningkat. Alhasil produk atau layanan yang Anda tawarkan semakin dikenal oleh target audience Anda dan tentunya brand awereness meningkat.
Ciri Inbound Link yang Berkualitas
Tidak semua link yang mengarah ke website Anda bagus. Hanya link yang berkualitas yang memberikan nilai positif dalam meningkatkan performa website Anda. Nah, kenali ciri-ciri inbound link yang berkualitas berikut ini:
-
Berasal dari Website yang Credible
Bila mendapatkan inbound link, sebaiknya dicek kembali apakah berasal dari website yang credible atau tidak.
Hal ini karena inbound link yang berasal dari dari website yang credible, tentu memperbaiki bahkan meningkatkan ranking website Anda. Sebaliknya, inbound link yang berasal dari website yang tidak credible, seperti situs judi dan sebagainya berbahaya bagi performa website Anda.
Selain itu, search engine tidak menilai semua inbound link itu sama, tergantung kepada kualitas website
Jadi, pastikan inbound link atau backlink yang didapat dari website atau situs terpercaya. Hal ini akan berpengaruh kepada ranking website Anda. Ketahui faktor yang mempengaruhi Google ranking.
-
Memakai Anchor Text yang Tepat
Apa itu anchor text? Inchor Text adalah potongan teks yang dapat diklik (clickable) yang mengarah ke URL tertentu. Penggunaan anchor text harus diperhatikan karena harus sesuai dengan apa yang sedang dibicarakan di content tersebut. Dengan begitu, search engine akan menilai sebagai inbound link yang berkualitas.
Apa perbedaan Inbound Link dan Outbound Link?
Sebagaimana disebutkan sebelumnya, inbound link merupakan link atau tautan yang mengarah ke website Anda dari situs atau website lain. Inbound link disebut juga dengan backlink yang mana umum dipakai dalam sebuah website, yaitu link yang langsung ke website Anda dengan anchor text.
Sedangkan, outbound link adalah link yang mengarahkan audience ke website atau domain lain. Outbound link disebut juga external link.
Dengan membuat outbond link membantu search engine, seperti Google untuk memahami niche dari website Anda. Hal ini merupakan teknik yang dipakai untuk menambahkan context pada content website. Selain itu, sebagai informasi tambahan bagi audience.
Namun, perlu diperhatikan memilih website yang menjadi tujuan outbound link. Pilih website yang mempunyai authority yang cukup tinggi sebagai tujuan outbound link. Hal ini dilakukan agar user yakin bahwa content yang dibuat berasal dari sumber yang credible (terpercaya). Ketahui apa itu link juice.
Itulah ulasan mengenai inbound link. Ada banyak yang harus diperhatikan dalam optimasi SEO agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jika Anda membutuhkan jasa SEO, niftyseo pilihan yang tepat.
Author: Uswatun Hasanah