Jl. Cikini IV No.10, Cikini,Menteng, Jakarta Pusat, 10330
08111366694
UncategorizedSeptember 19, 2022by admin0

Google Ranking Adalah: Faktor yang Mempengaruhi

Mendapatkan Google ranking yang tinggi memberikan dampak yang positif bagi website atau blog Anda. Banyak bisnis mengupayakan website atau situs mereka agar memperoleh Google ranking yang baik. Apa itu google ranking dan apa saja faktor yang mempengaruhi Google untuk mengindeks suatu halaman website atau blog? Ini dia ulasannya.

 

Apa Itu Google Ranking?

Google ranking adalah sistem peringkat yang dipakai oleh Google dalam mendaftar website atau situs yang dipengaruhi oleh SEO. 

Selain itu, Google sebagai search engine yang begitu populer mempunyai 200 faktor ranking, tetapi tidak semua bobotnya sama. Namun, Anda tidak perlu memenuhi semua faktor tersebut. Ada beberapa faktor utama yang menjadi highlight agar website atau blog Anda mendapatkan ranking yang bagus. 

Sebagian besar pemilik website, mengusahakan agar website mereka berada di page one Google. Hal ini karena website yang berada di posisi page one, mempunyai peluang lebih besar untuk dikunjungi oleh user. Bahkan, dengan berada di page one memperoleh bisa memperoleh sekitar 95% web traffic. Sedangkan, website yang berada di halaman berikutnya mendapatkan 5% traffic.

 

Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking

Berikut ini faktor yang mempengaruhi Google Ranking:

 

1. Konten yang Berkualitas

Kualitas konten sangat mempengaruhi penilaian Google terhadap website atau blog Anda. Hal ini bisa dilihat dari konten yang berkualitas akan memperoleh peringkat tinggidi SERP (Search Engine Result Page). Ketahui apa itu SERP.

Karena itu perhatikan kelengkapan konten yang dibuat. Konten yang lengkap memberikan bahasan yang mendalam dan detail. Konten tersebut juga pastinya harus bermanfaat dan menarik di mata user yang bisa dilihat dari apakah konten tersebut mampu memberikan solusi atau jawaban atas pertanyaan user

Selain lengkap, konten tersebut harus relevan. Maksudnya adalah konten tersebut harus sesuai dengan fakta dan tidak berisi konten yang menyesatkan. 

Kemudian, struktur konten harus diperhatikan, di antaranya gunakan heading dan subheadings untuk memudahkan pembaca memahami konten yang dibuat. Oleh karena itu, optimasi konten sangatlah penting.

 

2. Keamanan Website 

Google memprioritaskan website yang aman bagi audience dengan menggunakan SSL/TLS sejak 2014. Gunakan keamanan website SSL/TLS. Dengan adanya SSL/TLS ini dapat meningkatkan keamanan data. Hal ini karena sudah dienskripsi saat melakukan proses transfer data pada website. Alhasil, website atau situs menjadi lebih terpercaya dan meningkatkan ranking website Anda.

Nah, apa itu SSL/TLS? SSL/TLS adalah protokol keamanan dalam rangka melindungi seluruh data yang ada pada website Anda. Website memasang SSL/TLS mempunyai tanda gembok pada URL di address bar. Di bawah ini contoh website yang memasang SSL. Perhatikan ada tanda gembok di address bar tersebut.

gunakan keamanan ssl atau tls

Selain tanda gembok atau icon kunci, Anda  dapat mengecek pada URL website. Website yang memasang SSL (Secure Socket Layer) mempunyai keterangan HTTPS. Misalnya  https://greenpermit.id/. Artinya adalah website tersebut memasang keamanan website SSL/TLS. Sebaliknya, jika webiste masih menggunakan HTTP, bukan HTTPS, berarti website tersebut tidak memasang SSL/TLS, artinya website tersebut tidak aman.

 

3. Kecepatan Loading Website

Kecepatan loading website merupakan satu diantara indikator utama SEO. Google meningkatkan user experience (pengalaman pengguna) dengan halaman yang dapat dimuat dengan cepat. Bahkan, kecepatan seluler pun diperhitungkan oleh Google untuk menilai suatu website.

Website yang lambat memberikan user experience yang buruk berupa menutup website dan mencari website lain. Bila itu terjadi, maka bounce rate website Anda bisa tinggi. Website yang mempunyai loading lebih dari 5 detik mempunyai bounce rate sampai 90%. Ketahui 11 cara mempercepat loading website.

 

4. Keyword yang Relevan

Keyword atau kata kunci mempunyai pengaruh yang besar untuk meningkatkan Google Ranking website Anda. Ambil keyword yang relevan dengan bisnis Anda dan banyak dicari oleh target audience. Karena itu, pastikan konten sudah dioptimasi dengan kata kunci. Optimasi keyword ini merupakan bagian dari SEO on page. Ketahui cara optimasi SEO on page.

 

5. Kuantiti dan Kualiti Backlink

Selain itu, backlink yang merupakan SEO off page juga menjadi faktor ranking Google. Apa itu backlink? Backlink adalah link di website lain yang mengarah ke website Anda. Kegiatan membangun backlink ini disebut link building. Cara ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan Google terhadap website Anda. 

Semakin banyak backlink, maka website Anda akan dianggap bermanfaat, penting dan dapat dipercaya. Namun, tidak semua backlink itu bagus. Anda harus pastikan bahwa backlink itu didapat dari situs-situs besar dan terpercaya. Itulah sebabnya backlink ini menjadi faktor utama Google ranking.

Faktor Google Ranking - niftyseo.id

 

6. Website yang Mobile Friendly

Sebagian besar orang mengakses website melalui mobilephone. Indonesia sebagai negara kedua terbanyak pengguna smartphone setelah Amerika Serikat. Hal ini tentunya website yang mobile friendly adalah suatu keharusan. 

Perlu diketahui bahwa 52,2% traffic web itu berasal dari mobile phone. Selain itu, Google mengungkapkan bahwa website atau situs yang tidak mobile friendly tidak akan berada di peringkat pertama SERP.

Di tahun 2018, Google menerapkan algoritma baru, yaitu Google Mobile First Index. Algoritma ini mengutamakan website yang bisa diakses melalui perangkat mobile.

 

7. Domain Authority

Domain authority adalah skor peringkat pada search engine untuk menunjukkan kualitas suatu website atau blog. Selain itu, Domain authority atau DA ini menjadi acuan bagi Google untuk memberikan ranking terhadap website atau blog Anda. Pelajari cara menaikkan domain authority.

Faktor yang mempengaruhi DA, antara lain: 

  • usia domain: semakin lama usia domain dan semakin aktif aktivitas yang terjadi pada suatu domain, maka semakin tinggi nilai DA dari domain tersebut. 
  • ukuran domain: ukuran di sini adalah jumlah konten yang dihasilkan. Semakin banyak jumlah postingan, maka semakin besar ukuran domain tersebut. 
  • popularitas domain: popularitas suatu website atau domain dapat dilihat dari jumlah backlink (link) yang mengarah ke website tersebut.
  • kecepatan loading website. Semakin cepat maka semakin bagus kerena kecepatan loading website merupakan satu diantara indikator utama SEO.

 

8. Pengalaman Pengguna (User Experience)

Apa itu User Experience (UX)? UX adalah pengalaman visitor berinteraksi dengan website atau blog Anda. Hal ini bisa dlihat apakah visitor mudah mencari apa yang dibutuhkan di website tersebut atau sebaliknya. Google lebih suka dengan website yang mempunyai UX yang bagus. Oleh karena itu, website dengan UX yang buruk tidak akan diperhitungkan oleh Google karena menyulitkan visitor. 

 

9. Search Intent

Search intent adalah apa yang dicari oleh user (pengguna) di search engine Google. Google tidak akan memberikan peringkat pada jenis konten yang sama. Pilih tema yang memberikan solusi bagi user. Contohnya adalah Anda mengetik “cara memesan tiket”, maka yang muncul adalah website atau post yang berkaitan dengan apa yang dicari oleh target audience.

Itulah ulasan mengenai Google ranking.

 

Author: Uswatun Hasanah

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *