Jl. Cikini IV No.10, Cikini,Menteng, Jakarta Pusat, 10330
08111366694
UncategorizedJanuary 6, 2023by admin0

Apakah Google Map Bisa Menaikkan Ranking?

Istilah Google Map, sudah tidak asing lagi, bahkan sebagian besar pengguna internet menggunakannya. Namun, tidak banyak yang mengetahui bagaimana memaksimalkan ranking website melalui Google Map. Nah, berikut ini ulasannya.

 

Apa Itu Google Map?

Google Map adalah aplikasi dari Google berupa peta online gratis. Selain itu, Google map ini sangat mudah untuk diakses, baik melalui browser website, maupun perangkat mobile. 

Saat ini banyak di antara kita mengubah Google map untuk menemukan local business dan memberikan informasi yang lebih informatif untuk membantu buying decision yang tepat. 

Google map listing ini bisa menjadi marketing tool yang penting untuk bisnis Anda. Hal ini karena Google map bisa membantu untuk menemukan customer baru, bersaing dengan competitor, dan mendapatkan keuntungan bisnis lainnya, semuanya gratis.

Namun, benefit yang ada di peta Google itu akan didapat jika listing Anda mempunyai visibilitas yang kuat. Jadi, listing saja tidaklah cukup karena Google tidak otomatis me-ranking pencarian. Anda harus menjalankan strategi yang tepat untuk mengoptimalkan Google Map.

 

Strategi Menaikkan Ranking dengan Google Map

Berikut ini beberapa langkah agar mendapatkan ranking yang baik di SERP, mendapatkan lebih banyak traffic dan mendapatkan lebih banyak customer melalui Google Map sebagaimana dikutip dari search engine journal.

1. Verifikasi dan Lengkapi Google Business Profile

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk meningkatkan visibilitas di Google Map adalah dengan verifikasi dan optimasi Google Business Profile Anda (sebelumnya dikenal dengan Google My Business / GMB). Ketahui apa itu Google My Business.

Dengan Google property ini memberikan sinyal kepada Google mengenai keberadaan bisnis Anda, dan informasi yang diberikan dinilai akurat dan up to date.

 

2. Post Content yang Relevan

Setelah melakukan verifikasi listing GBP Anda, maka Anda baru melakukan setengah jalan. Artinya masih harus dioptimalkan.

Google menghargai bisnis-bisnis yang aktif dengan mendapatkan visibiltias yang lebih tinggi di Google Map. Karena itu, penting untuk melakukan update secara rutin ke profil GBP Anda.

Update tersebut bisa berupa penawaran khusus, mengadakan event, link ke blog post yang relevan atau update bisnis secara umum. Selain itu, tambahkan foto. Hal ini karena konten visual mempunyai peluang besar untuk meningkatkan viewer engagement, melalui share atau click. 

Kemudian, Anda bisa memasukkan link halaman produk atau layanan dalam meng-update profil GBP.

 

3. Optimasi Website untuk Lokal Pencarian

Jika Anda ingin mendapatkan ranking yang baik di Google Map, Anda sebaiknya memastikan website dan external content dioptimasi untuk local audience. Hal ini ada kaitannya dengan local SEO. 

Local SEO merupakan strategi optimasi website bisnis supaya visibilitas meningkat dalam search (pencarian) di lokasi terdekat dengan memakai search engine lokal. 

Kenapa local SEO itu penting? 

  • Menurut Google, 76% orang yang melakukan pencarian lokal pada smartphone mereka, mengunjungi tempat tersebut tersebut dalam waktu 24 jam dan 28% dari hasil pencarian menghasilkan melakukan pembelian.
  • Sebanyak 86% user, mengandalkan Google Map untuk menemukan lokasi bisnis.

Selain itu, website yang dioptimasi SEO dengan baik akan memudahkan Google untuk dirayapi dan diindex. Content yang diberikan harus relevan dan local-oriented sehingga menjawab apa yang dicari oleh target audience Anda. Perhatikan juga tampilan versi mobile karena user biasanya mulai mencari informasi melalui perangkat mobile.

Apa Itu Google Map - Strategi Menaikkan Ranking Website dengan Google Map - niftyseo.id

4. Perhatikan Review Customer

Bisnis apa pun bisa membuat listing GBP, karena itu pastikan informasi bisnis Anda up to date dan memberikan postingan content yang relevan. Namun, ada faktor penting yaitu ulasan customer / customer review.

Google memperhatikan kedua hal tersebut, seberapa banyak review bisnis yang didapat dan seberapa aktif di dalam merespon review tersebut, tanpa mempedulikan apakah review positif atau negatif.

Ada banyak pilihan bagi customer untuk memberikan review online, termasuk di Facebook, Twitter dan sebagainya. Namun, review di profil GBP memberikan dampak yang berarti terhadap Google Map ranking.

 

5. Update Local Listing dengan NAP

Tiga elemen informasi arah (directional information) yang sangat penting untuk GBP, website dan situs lainnya adalah Name, Addresss dan Phone Number (NAP).

Penting bagi Google dan audience Anda untuk mendapatkan NAP bisnis Anda secara konsisten dan akurat di channel tersebut.

 

6. Bangun Local Backlink

Backlink merupakan bagian dari stretegi NAP yang efektif, di mana Anda harus mempunyai link website pihak ketiga yang relevan dan lokal ke halaman website utama Anda. Selain itu, backlink bisa memvalidasi bisnis Anda dari perspektif lokal dan produk/layanan. 

Backlink atau inbound link adalah link atau tautan yang mengarah ke website Anda dari situs atau website lain. 

Kemudian, backlink juga merupakan satu diantara indikator utama SEO. Backlink ini  menjadi poin penting Google untuk menilai halaman website mana yang layak dan tidak layak mendapatkan ranking teratas di Search Engine Result Pages (SERP). 

 

7. Bangun Komunikasi dengan Komunitas

Google menilai positif aktivitas Google Business Profile (GBP). Pasalnya listing GBP merupakan alat yang powerful untuk membangun komunikasi dengan audience.

Itulah ulasan mengenai Google Map. Ada banyak yang harus diperhatikan dalam optimasi SEO agar mendapatkan hasil yang maksimal untuk website Anda. Jika Anda membutuhkan jasa SEO, niftyseo pilihan yang tepat.

 

Author: Uswatun Hasanah

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *