Jl. Cikini IV No.10, Cikini,Menteng, Jakarta Pusat, 10330
08111366694
UncategorizedDecember 20, 2022by admin0

Crawl Budget Adalah: Cara Optimasi dan Pentingkah untuk SEO?

Apa Itu Crawl Budget?

Crawl budget adalah jumlah halaman yang Googlebot rayapi dan index pada suatu website dalam kurun waktu tertentu. Maksudnya adalah seberapa banyak perhatian yang diberikan search engine kepada website Anda.

Setiap website mempunyai crawl budget yang berbeda. Hal ini ditentukan oleh Google berdasarkan crawl limit dan crawl demand

Crawl limit merupakan batas jumlah pengaksesan data website. Sedangkan, crawl demand adalah jumlah permintaan indexing berdasarkan popularitasnya dan seberapa sering halaman  atau URL tersebut di-update.

 

Apakah Crawl Budget Berpengaruh terhadap SEO? 

Search engine, seperti Google mempunyai bot yang yang dikenal dengan web crawler atau web crawling. Apa itu web crawler? Web crawler adalah bot yang dapat mengindeks berbagai content yang ada di halaman website yang ada di internet agar bisa ditampilkan di SERP (Search Engine Result Page). 

Selain itu, berdasarkan Moz, web crawling adalah proses di mana search engine mengirimkan robot (spider atau crawler) untuk menemukan content yang baru dan yang telah di-update.

Google dengan web crawler membatasi jumlah halaman website yang dirayapi dalam satu website. Hal ini agar Googlebot memiliki kinerja yang baik untuk mengindeks halaman website baru.

Singkatnya, jika Google tidak mengindeks halaman website, maka tidak akan mendapatkan ranking apa pun. Jadi, jika jumlah halaman melebihi crawl budget, website Anda akan tidak diindeks. Namun, tidak perlu khawatir mengenai crawl budget karena Google bisa menemukan dan mengindeks halaman website.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai crawl budget, antara lain:

  • Menjalankan website besar: Jika Anda mempunyai website, seperti website ecommerce, dengan halaman 10k+, Google bisa saja kesulitan mengindeks semuanya.
  • Menambahkan banyak halaman: jika Anda menambahkan sebuah section baru ke website Anda dengan ratusan halaman, pastikan Anda memiliki crawl budget agar semua halaman diindeks dengan cepat.
  • Banyak Redirect: Banyaknya redirect dan rantai redirect memakan kuota crawl budget Anda.

Karena itu, lakukan optimasi crawl budget website Anda.

Crawl Budget Adalah - Tips Optimasi Crawl Budget - niftyseo.id

 

Tips Optimasi Crawl Budget

Berikut ini, sebagaimana dikutip dari Backlinko, beberapa cara untuk mengoptimalkan crawl budget:

  • Perbaiki Kecepatan Website

Memperbaiki kecepatan halaman website dapat meningkatkan Googlebout untuk crawling atau merayapi URL website Anda.

Sebagaimana dikutip dari Backlinko.com, Google menyatakan bahwa, “Making a site faster improves the users’ experience while also increasing crawl rate.”

Dengan kata lain, halaman website yang lambat akan menghabiskan waktu Googlebot. Artinya adalah loading halaman yang lambat sulit untuk dirayapi atau di-crawl

Sebaliknya, jika loading halaman website cepat, Googlebout mempunyai waktu lebih banyak untuk mengunjungi dan mengindeks halaman website lebih banyak.

 

  • Gunakan Internal Link

Googlebot memprioritaskan halaman website yang mempunyai banyak eksternal dan internal link untuk menjelajahi berbagai content di internet. 

Untuk mendapatkan eksternal link tidaklah mudah. Karena itu, Anda bisa memaksimalkan internal link di halaman website Anda. Pastikan tidak ada orphan page yang bisa menghambat crawling

 

  • Perbaiki Arsitektur Website

Menurut Google, URL yang lebih populer di internet cenderung lebih sering dirayapi agar URL tersebut menyajikan content yang lebih update kepada user. Dalam dunia Google, popular = link authority.

Karena itu, website harus mempunyai arsitektur yang baik. Hal ini bertujuan agar semua halaman website mempunyai beberapa link authority yang mengarah ke halaman website tersebut. 

 

  • Hindari “Orphan Pages

Orphan page adalah halaman yang tidak mempunyai internal dan eksternal link yang mengarah ke halaman tersebut. 

Google sangat sulit merayapi orphan pages. Karena itu, pastikan mempunyai paling sedikit satu internal atau external link yang mengarah ke setiap halaman dari website Anda.

 

  • Hindari Content Duplikat

Google tidak ingin membuang waktu mengindeks beberapa halaman website dengan content yang sama. Karena itu, hindari content yang duplikat.

Content yang sama akan mengurangi crawl budget website Anda. Karena itu, pastikan tidak ada halaman website dengan content yang sama.

Itulah ulasan mengenai crawl budget.  Optimasi crawler budget ini sangat berguna agar halaman website Anda bisa dirayapi atau di-crawl oleh mesin pencari. Tanpa adanya web crawler, mustahil content Anda muncul di mesin pencarian, bahkan ditemukan oleh target audience Anda. Karena itu, perlunya optimasi content dengan memberikan content yang SEO friendly terhadap web crawl.  Jika Anda membutuhkan Jasa SEO, NiftySEO pilihan yang tepat.

 

Author: Uswatun Hasanah

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *