Jl. Cikini IV No.10, Cikini,Menteng, Jakarta Pusat, 10330
08111366694
UncategorizedDecember 8, 2022by admin0

7 Cara Meningkatkan Kredibilitas Website

Bagaimana cara meningkatkan kredibilitas website? Sebagai pemilik website, tentu ingin mempunyai website yang credible. Website yang berkualitas bisa meningkatkan kredibilitas produk dan layanan Anda ketika target audience mengujungi website Anda. Sebaliknya, website yang tidak credible, bisa membuat pengujung tidak nyaman, alhasil mencari website lain. 

 

Cara Meningkatkan Kredibilitas Website

1. Menggunakan Domain Berbayar

Agar website Anda terlihat lebih profesional, gunakan domain berbayar, jangan domain gratisan. Lebih baik lagi memilih domain berbayar yang ccTLD (Country Code Top Level Domain), seperti .id untuk Indonesia, .my untuk Malayasia, .sg untuk Singapura dan sebagainya. Domain berbayar lainnya ada juga menggunakan .com, .net, .co.id dan lain-lain. 

Untuk bisa menggunakan domain lokal .id, biasanya diperlukan NIK dalam proses pembelian domain tersebut. Oleh sebab itu, website tidak dapat otomatis terverikasi. Ketahui perbedaan domain com dan id.

Beberapa kelebihan domain ccTLD atau domain dengan akhiran negara, seperti .id, antara lain:

  1. Pengunjung dengan mudah mengenali dari mana asal website Anda.
  2. Website mudah dicari oleh user lokal.
  3. Adanya jaminan kepemilikan atas merek dagang lokal yang diakses global.
  4. Merek dagang dikenal global. Namun, mendominasi user lokal.
  5. Menekan risiko kesalahan kepemilikan merek dagang.

 

2. Menggunakan SSL Certificate

Apa itu SSL Certificate? SSL Certificate adalah file data yang bekerja secara digital dan menjadikan website terenkripsi otomatis. Dengan begitu, data Anda akan aman dari serangan hacker yang mencoba meretas website Anda. Data tersebut contohnya  data pribadi, transaksi kartu kredit, transfer data dan login, dan data-data sensitif lainnya yang harus dirahasiakan.

Website yang menggunakan SSL Certificate atau Sertifkat SSL ditandai dengan tanda gembok pada URL address bar dan menggunakan protokol HTTPS. Selain itu, website yang memakai protokol HTTPS ditandai dengan frasa https:// pada awal URL domainnya. Contohnya adalah https://niftyseo.id/

HTTPS ini menjamin keamanan transimisi data antara server dan client karena menggunakan protokol SSL. Selain itu, HTTPS melindungi integritas kerahasiaan antara situs dan komputer user atau pengguna. Kenali secara detail apa itu HTTPS?

Karena itu, penggunaan SSL ini penting untuk meningkatkan kredibilitas website Anda, baik di mata konsumen, maupun mitra bisnis.

Cara Meningkatkan Kredibilitas Website - niftyseo.id

 

3. Tampilan Desain Website

Tampilan desain sangat mempengaruhi kredibilitas website Anda. Pilih desain yang enak dilihat, terlihat bersih dan menarik. Hal ini berkaitan dengan UI atau User Interface

UI atau User Interface adalah bagian visual desain yang berfokus pada tampilan untuk mewakili fungsi dari sebuah sistem yang dapat dilihat oleh pengguna atau user.

Yang harus diperhatikan dalam pembuatan UI adalah adanya kesesuaian tampilan dan layout sistem dengan rasio ukuran device.

Selanjutnya, UI melibatkan elemen visual, antara lain color palette (palet warna), tipografi, animasi, icon, layout beserta komposisinya dan elemen material desain user interface lainnya.

Desain yang tidak responsif membuat pengguna atau user menutup website Anda. Bila hal ini terjadi, maka Anda akan kehilangan traffic, bahkan leads. 

UI juga merupakan bagian yang utuh dari User Experience (UX). UX yaitu pengalaman pengguna (user) berinteraksi dengan sebuah produk, khususnya produk digital, misalnya website atau aplikasi.

Ketika user mengakses website atau aplikasi, bagaimana pengalaman yang mereka dapatkan, seperti menjelajahi fitur dan tampilan website atau aplikasi serta prosedur melakukan transaksi melalui aplikasi atau website..

Google sangat memperhatikan UX. Hal ini bisa dilihat dari Google menjadikan elemen UX dari sebuah website sebagai faktor yang mempengaruhi ranking di SERP Google. Ketahui strategi website agar muncul di SERP.

 

4. Content Berkualitas

Kredibilitas website juga dinilai dari isinya atau content itu sendiri harus berkualitas. Buat content yang menjawab pertanyaan target audience Anda. Selain itu, berikan informasi yang jelas mengenai produk dan layanan yang Anda tawarkan. 

 

5. Mobile-Friendly

Berdasarkan data dar BPS (Badan Pusat Statistik) di tahun 2021, mencatat persentase pengguna smartphone di Indonesia mencapai 65,87%. Persentase tersebut meningkat dibandingkan tahun 2020 yang berjumlah 62,84%. 

Karena itu, membuat website yang mobile-friendly sudah suatu keharusan agar website Anda ramai pengunjung. User harus bisa mengakses halaman, tidak hanya melalui desktop, tetapi juga melalui mobile.

 

6. Informasi Kontak yang Jelas

Selanjutnya, cantumkan informasi kontak yang jelas di website Anda, seperti alamat kantor, alamat email dan nomor telepon yang bisa dihubungi. 

Sertakan pula live chat untuk memudahkan komunikasi bila masih ada yang ingin ditanyakan oleh calon konsumen. Cantumkan juga link sosial media perusahaan Anda, mungkin saja mereka ingin mengetahui eksistensi Anda di sosial media seperti apa.

 

7. Testimonial Pelanggan

Faktor yang mendasari terjadinya transaksi adalah adanya kepercayaan atau trust. Anda dapat membangun trust tersebut melalui testimonial pelanggan.

Anda bisa menyertakan review atau testimonial dari para pembeli. Dengan begitu, memudahkan konsumen untuk mengambil keputusan. 

Itulah ulasan mengenai cara meningkatkan kredibilitas website. Penting untuk memperhatikan kredibilitas website Anda. Selain itu, agar website Anda muncul di mesin pencari atau search engine, optimalkan website Anda dengan optimasi SEO dari Jasa SEO terpercaya, niftyseo.id.

 

Author: Uswatun Hasanah

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *