Jl. Cikini IV No.10, Cikini,Menteng, Jakarta Pusat, 10330
08111366694
UncategorizedDecember 12, 2022by admin0

Bundling Adalah: Pengertian, Jenis dan Strateginya

Apa Itu Bundling?

Bundling adalah satu di antara strategi marketing dengan menggabungkan dua atau lebih produk atau layanan yang berbeda dalam satu SKU. Dengan bundling, harga produk lebih ekonomis dibandingkan dengan membeli dalam jumlah satuan.

Biasanya strategi bundling diterapkan untuk produk yang kurang laku, produk baru atau produk yang belum diminati oleh konsumen. Karena itu, perusahaan harus mengatur strategi agar semua produk bisa terjual. Nah, paket kombo atau bundling ini bisa menjadi solusinya.

 

Jenis Produk Bundling

Ada beberapa produk bundling yang biasa diterapkan, yaitu:

  • Pure Bundling

Pure bundling merupakan campuran dari beberapa produk atau layanan yang bisa dibeli bersamaan atau dalam satu paket dan tidak ada yang dijual terpisah. Namun, pure bundling ini terkadang terlalu membatasi konsumen untuk membeli secara acak sehingga bisa mengakibatkan penjualan menurun.

 

  • Mixed Bundling

Mixed bundling ini merupakan teknik yang paling sering digunakan untuk product bundling yang mana konsumen bisa memilih item yang dibutuhkan dan membuat custom bundle. Hal ini membuat konsumen merasa bisa mempunyai kontrol transaksi. Jadi, produk-produk tersebut bisa dibeli terpisah, tetapi jika dibeli bersamaan mendapatkan diskon khusus.

 

  • Same Product Bundling

Same product bundling merupakan diskon yang diberikan saat pelanggan memesan beberapa produk yang sama sekaligus. 

Biasanya same product bundling digunakan oleh brand D2C (Direct to customer) yang mana model bisnis ni menjual produk secara langsung ke konsumen, tanpa pihak ketiga. 

Di dalam bisnis retail tradisional, proses menjual produk melalui beberapa tahap sebelum sampai ke pembeli. Biasanya diawali dengan produsen, diikuti dengan pedagang grosir, distributor, dan terakhir pedagang ecer. Di dalam model bisnis D2C, produk dibangun, dipasarkan, dijual dan dikirim langsung ke konsumen tanpa perantara. 

Bundling Adalah Pengertian, Jenis dan Strateginya.. - niftyseo.id

 

Mengapa Perlu Product Bundling?

Saat ini hampir setiap brand menawarkan package, kombo atau campuran berdasarkan preferensi dan kebutuhan konsumen. Konsumen membeli satu set karen membantu mereka menghemat uang. Teknik ini bisa meningkatkan rata-rata nilai order, penjualan dan pendapatan perusahaan. Selain itu, menghemat uang melalui promosi dan mendistribusikan produk dan meningkatkan customer experience. 

 

  • Meningkatkan Rata-Rata Pemesanan dan Penjualan

Dengan menerapkan product bundling, perusahaan atau retail bisa meningkatkan rata-rata pemesanan dan penjualan. Hal ini dilakukan dengan cara menggabungkan beberapa produk secara bersamaan. Dengan begitu, konsumen membeli lebih dari satu item dalam satu transaksi, alhasil pemesanan meingkat.

 

  • Mengurangi Biaya Marketing dan Distribusi

Product bundling bisa mengurangi biaya marketing dan distribusi, mengapa? Jika kita bandingkan memasarkan setiap produk baru, tentu memerlukan banyak biaya. 

Dengan mempromsikannya secara bersamaan dengan beberapa produk lain dalam satu package, tentu mengurangi biaya marketing atau pemasaran.

Begitu juga biaya distribusi barang atau produk tersebut menjadi lebih hemat dibandingkan dengan per item.

 

  • Mengurangi Produk yang Tidak Laku

Produk yang tidak laku atau disebut dengan produk mati bisa menambah biaya penyimpanan. Dengan melakukan product bundling melalui menggabungkan produk mati dan produk yang cepat terjual, maka bisa mengurangi biaya penyimpanan.

Di sisi konsumen, produk mati tersebut dianggap barang murah atau barang bonus, sehingga tertarik untuk membeli satu set produk tersebut. Alhasil, produk mati menjadi berkurang.

 

Strategi Product Bundling

Berikut ini beberapa startegi untuk melakukan product bundling:

 

  • Buat Bundling berdasarkan Data Customer

Gunakan data pribadi dan purchasing history pelanggan untuk memastikan bahwa strategi berjalan dengan efektif. Informasi ini akan membantu Anda membuat product bundling lebih personalized dan relevan dengan konsumen. 

 

  • Berikan Package yang Berbeda

Berikan pelanggan Anda pilihan karena dengan banyak pilihan membuat konsumen Anda senang. Hal ini karena lebih banyak peluang yang akan konsumen dapatkan jika lebih banyak pilihan.

 

  • Buat Penawaran dengan Batas Waktu

Waktu yang terbatas menarik konsumen untuk membeli. Buat kategori khusus untuk website Anda, contohnya “5 top trending bundles of the week”. Jangan lupa untuk memberikan diskon besar untuk setiap penawaran khusus.

Itulah pembahasan mengenai product bundling. Maksimal website Anda dengan mengoptimasi website menggunakan strategi SEO yang tepat. Strategi ini dibutuhkan agar traffic website Anda meningkat dan bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar.  Bila Anda membutuhkan jasa SEO, niftyseo pilihan yang tepat.

 

Author: Uswatun Hasanah

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *