Jl. Cikini IV No.10, Cikini,Menteng, Jakarta Pusat, 10330
08111366694
UncategorizedJanuary 16, 2023by admin0

Brand Identity dengan SEO, Apa Kaitannya?

Brand identity dengan SEO mempunyai kaitan yang sangat erat. Artinya adalah brand yang dikelola dengan baik, pastinya bisa memberikan kesempatan untuk mendapatkan perhatian consumer di mesin pencari (search engine), seperti Google.

Search Engine Optimazation (SEO) memang menjadi bagian yang penting untuk meningkatkan brand identity. Dengan menggunakan SEO untuk membangun brand, menjadikan bisnis Anda lebih mudah ditemukan di SERP. Hasil pencarian yang signifikan menghasilkan peningkatan traffic dan leads secara kompetitif.

Semakin besar kepercayaan yang Anda miliki, maka semakin besar kesempatan untuk muncul di SERP. Ketika website Anda berada di top SERP, hal ini memberikan peluang yang lebih untuk mendapatkan customer baru. Selain itu, meningkatkan ranking website di mesin pencari. 

 

Cara Meningkatkan Brand Identity  dengan SEO

Untuk membantu meningkatkan brand identity Anda dengan SEO, berikut ini beberapa strategi yang bisa dijalankan, antara lain:

  • Menggunakan Kata Kunci yang Tepat

Memasarkan content Anda memegang peranan yang penting untuk menarik perhatian terhadap brand Anda. Untuk mencapai KPI (Key Performance Indicator) yang diinginkan terhadap brand awareness, visibilitas organik di search engine sangat penting. Saat Anda tidak mendapatkan visibilitas yang kuat, maka brand lain akan mengambil posisi tersebut dan peluang produk atau layanan agar dikenal oleh target audience Anda menjadi berkurang.

Jika Anda mampu untuk mengidentifikasi kebutuhan target audience melalui kata kunci, maka kesempatan website Anda ditemukan oleh target audience akan meningkat. Website yang berada di posisi teratas SERP (Search Engine Result Pages) meningkatkan credibility Anda. Dengan begitu, menimbulkan kepercayaan dari audience dan mesin pencari. 

Selain itu, web di posisi teratas meningkatkan click ke website Anda, menarik perhatian terhadap content dan menghasilkan brand identity Anda. Jika Anda mengoptimasi kata kunci yang tepat, secara keseluruhan online brand visibility anda akan signifikan meningkat.

 

  • Strategi Link Building

Strategi yang jitu untuk membangun brand awareness adalah meningkatkan jumlah inbound link ke website Anda. jika Anda mendapatkan banyak bancklink atau inbound link, maka search engine percaya bahwa brand Anda tersebut asli, bisa dipercaya dan berguna bagi user. Semakin banyak backlink, maka semakin tinggi website akan di-ranking oleh mesin pencari. Semakin tinggi muncul di mesin pencari, semakin banyak peluang traffic yang diarahkan ke website Anda.

Penempatan kata kunci yang tepat secara langsung berdampak pada brand identity Anda. Oleh karena itu, link building yang afektif harus menjadi bagian dari strategi brand identity. Cara terbaik untuk menyempurnakan strategi ini adalah membuat content yang engaging dan yang memanjakan mata secara visual yang membantu target audience Anda. Kemudian, content Anda harus memberikan informasi yang bermanfaat kepada pembaca serta di-updatei secara rutin. 

Apa itu link building? Link building merupakan bagian dari strategi SEO off page yang mana menanamkan link di website lain yang mengarah ke website Anda. Link building ini juga merupakan cara membangun backlink untuk meningkatkan referral domain. Langkah ini dilakukan untuk menaikkan kepercayaan Google terhadap website Anda. Alhasil, page rank atau peringkat website Anda di search engine dapat meningkat, bahkan lebih baik. 

Dalam membangun link building ini, pastikan backlink yang didapat dari website atau situs terpercaya. Hal ini akan berpengaruh kepada performa website Anda. Selain itu, dalam menanamkan backlink, jangan terlalu banyak dalam satu waktu karena bisa dianggap spam oleh Google.

Berbanding lurus dengan hasilnya, jika kredibilitas website Anda meningkat, maka dapat meningkatkan traffic website Anda, bahkan berpengaruh terhadap brand identity dan penjualan secara tidak langsung.

 

  • Libatkan Audience di Social Media

Platform sosial media bukan hanya tempat bertemu dengan orang baru dan mencari pertemanan. Saat ini, membuat brand identity di sosial media merupakan aset jangka panjang. 

Mesin pencari juga meng-index semua bentuk konten sosial media Buat konten yang SEO-ready yang relevan dan mempunyai nilai yang positif bagi brand Anda. Karena itu, gunakan sosial media untuk membangun brand identity dari bisnis Anda.

Brand Identity dengan SEO - Cara Meningkatkan Brand Identity dengan SEO - niftyseo.id

 

Keuntungan Menjalankan Strategi SEO yang Efektif dan Efisien

Berikut beberapa keuntungan apabila menjalankan strategi SEO:

  • Meningkatkan brand aweresness perusahaan. Artinya adalah semakin banyak pengunjung website Anda, maka semakin besar kesempatan untuk dikenal oleh target audience Anda.
  • Meningkatkan conversion traffic. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan pengunjung yang berubah menjadi paying customer.
  • Meningkatkan kesempatan berada di top ranking SERP. Jika Anda mempunyai branded traffic, maka merupakan peluang untuk memenangkan persaingan bisnis. Nah, ketahui lebih banyak lagi manfaat SEO untuk bisnis Anda.

Itulah ulasan cara membangun brand identity dengan SEO. Ada banyak aspek yang harus diperhatikan dalam optimasi SEO agar mendapatkan hasil yang maksimal untuk bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan jasa SEO, niftyseo pilihan yang tepat.

 

Author: Uswatun Hasanah

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *