Bagi seorang digital marketer, sudah tidak asing lagi dengan istilah clickbait. Penggunaan clickbait pada content seperti mempunyai dua sisi bila tidak digunakan dengan baik. Karena itu, penting untuk mengetahuinya agar content yang Anda buat sesuai dengan apa yang diinginkan oleh user. Berikut ini ulasannya.
Apa Itu Clickbait?
Clickbait adalah suatu teknik untuk memancing audience agar meng-klik content tersebut. Content tersebut bisa berupa judul atau gambar yang membuat audience penasaran yang pada akhirnya meng-klik content.
Content clickbait tampak berlebihan dari segi penggunaan judul content maupun gambarnya. Namun, bisa meningkatkan pageviews website atau blog Anda. Ketahui apa itu page view.
Lalu, apa ciri-ciri content clickbait?
Ada beberapa tanda-tanda content tersebut bisa dikatakan menggunakan clickbait, antara lain:
- Judul content yang dibuat memancing rasa penasaran audience.
- Judul melibatkan emosi pembaca, seperti kaget, sedih, dramatis dan sebagainya.
- Menggunakan gambar yang lucu dan mudah diingat.
Gambar di atas merupakan contoh judul dan gambar clickbait. Di dalam content tersebut melibatkan emosi pembaca, tidak hanya segi judul, tetapi juga gambarnya.
Kelebihan dan Kekurangan Clickbait
Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan bila Anda menggunakan clickbait pada content. Apa saja kelebihan dan kekurangannya?
Kelebihan Clickbait
Berikut ini kelebihan clickbait:
1. Meningkatkan Pageviews
Seperti disebutkan sebelumnya, clickbait ini membuat audience penasaran untuk meng-klik content tersebut. Dengan audience meng-klik content tersebut, maka bisa meningkatkan pageviews website atau blog Anda. Bila pageviews tinggi, maka content tersebut dianggap bermanfaat dan direkomendasikan oleh Google agar muncul di SERP (Search Engine Result Pages). Ketahui apa itu SERP.
2. Meningkatkan CTR (Click Through Rate)
Selain meningkatkan pageviews, clickbait juga bisa meningkatkan CTR (Click Through Rate). Hal ini karena audience lebih tertarik untuk melakukan klik pada judul content clickbait. Sebagaimana dilansir dari neil patel, 8 dari 10 orang membaca headline copy atau judul sebelum melakukan klik.
Semakin tinggi click, semakin tinggi CTR website atau blog Anda. Tingginya CTR ini mendakan bahwa content Anda sesuai dengan apa yang dicari oleh audience. Alhasil, hasil pencarian atau SERP mendapatkan posisi yang baik di Google.
3. Peluang Social Share
Bila content dengan judul clickbait menarik dan sesuai dengan isi content-nya, maka berpeluang untuk audience membagikan content tersebut ke sosial media (social share). Dengan social share yang tinggi, tentunya akan meningkatkan brand awareness terhadap layanan atau produk yang Anda tawarkan.
Kekurangan Clickbait
Selain mempunyai kelebihan, clickbait juga mempunyai kekurangan. Berikut kekurangannya.
1. Merugikan Pembaca
Judul clickbait yang tidak sesuai dengan isi content, tentunya merugikan pembaca. Bila terus berlanjut, bisa mengakibatkan kredibilitas website atau blog Anda menjadi buruk di mata audience.
2. Meningkatkan Bounce Rate
Isi content yang tidak sesuai dengan judulnya, bisa meningkatkan bounce rate. Apa itu bounce rate? Bounce rate adalah presentase visitor yang langsung meninggalkan website atau blog setelah membuka satu halaman (page). Artinya adalah visitor langsung keluar tanpa diikuti oleh tindakan apa pun setelah mengunjungi satu halaman saja dan tidak menekan tombol apa pun, seperti menu, CTA dan sebagainya yang ada di page tersebut.
3. Merusak Brand Image
Selain itu, isi content yang berbeda dengan judulnya bisa berakibat merusak brand image dari suatu produk atau layanan yang Anda tawarkan. Karena itu, buatlah judul content yang sesuai dengan isi content-nya.
Cara Menggunakan Clickbait dengan Baik
Clickbait ini ibarat dua sisi mata uang. Jika Anda menggunakannya dengan baik bisa memberikan keuntungan, tetapi bila Anda salah menggunakannya bisa berakibat buruk terhadap performa SEO website atau blog Anda, bahkan brand image. Nah, berikut ini cara menggunakan clickbait yang baik:
1. Buat Judul Content yang Sesuai dengan Isinya
Hindari membuat judul content yang tidak sesuai dengan isinya. Bila Anda ingin menggunakan judul clickbait, maka sesuaikan dengan isinya. Ambil angle yang menarik dari content yang Anda buat. Ingat judulnya harus sesuai dengan isinya.
2. Gunakan Teka-Teki pada Judul
Judul content yang berupa pertanyaan membuat audience penasaran dan akhirnya melakukan klik pada content tersebut. Walaupun menggunakan teka-teki, judul harus sesuai dengan isinya.
3. Libatkan Emosi Pembaca
Anda bisa melibatkan emosi pembaca agar meng-klik content yang Anda buat. Tetap harus sesuai dengan isinya.
4. Buat Pembaca Terlibat
Anda bisa menggunakan kata-kata yang mangandung ajakan, seperti yuk, ayo, mari dan sebagainya yang sesuai dengan target audience Anda.
5. Menambahkan Angka pada Judul
Selanjutnya, Anda bisa menambahkan angka pada judul content untuk menarik perhatian audience.
Itulah ulasan mengenai clickbait.
Author: Uswatun Hasanah